Senin, Maret 8, 2021
No menu items!
Beranda Artikel Asyiknya Ramadan Fil Ma’had di Komplek Maghfiroh

Asyiknya Ramadan Fil Ma’had di Komplek Maghfiroh

komplek al Maghfiroh terlihat dari udara

www.pondok-ngrukem.com – Ramadan Fil Ma’had merupakan kegiatan rutinan yang dilakukan di pondok pesantren An-Nur. Dimana, Ramadan tahun ini mengangkat sebuah tema untuk mewarnai dalam kegiatan ramadan yaitu “Bulan Berkah, Maksimal Ibadah,Tak Kenal Lelah”. Sebuah tema yang akan memberikan motivasi bagi siapa saja yang membacanya untuk tergerak lagi dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang akan menuntun kita pada kebaikan. Pondok pesantren An-Nur itu sendiri memiliki beberapa cabang  yang berlokasi tidak jauh dari pondok pusat didirikan. Yaitu komplek Khadijah dan komplek Al-Maghfiroh.

Sesuai dengan judul di atas, maka penulis akan mengupas sedikit kegiatan-kegiatan Ramadan Fil Ma’had di komplek Al-Maghfiroh. Tapi, sebelum penulis akan menjelaskan profil singkat tentang komplek Al-Maghfiroh. Komplek Al-Maghfiroh berdiri di bawah naungan Abah KH. Yasin Nawawi dan ibu Hj. Luailik mutiah. Nah yang menjadi ciri khas dari komplek maghfiroh adalah adanya kolam ikan di sekitar komplek.

Berhubungan dengan kegiatan yang berlangsung di pondok pesantren di komplek maghfiroh megnalami beberapa perubahan terkait dengan kegiatan-kegiatan harian santri. Seperti, kegiatan mengaji, pengajian kitab, sekolah formal, dan segala kegiatan aktivitas harian mengalami beberapa perombakan saat Ramadan Fil ma’had berlangsung. Berikut paparan dari jadwal kegiatan yang ada di komplek Al-Maghfiroh.

Jadwal kegiatan bulan Ramadan  Pondok Pesantren An-nur komplek Al-Maghfiroh tahun 1440 H. Kegiatan harian ini dimulai sejak ba’da subuh. Setelah melakukan kegiatan salat subuh berjama’ah, maka seluruh santri melakukan setoran hafalan (ngaji) terhadap ustadzah masing-masing. Bagi santri pelajar, dimulai pukul 07.00-10.30 itu adalah waktu sekolah formal dilangsungkan serta diselesaikan. Sedangkan bagi santri mahasiswa dan tahasus pada pukul 09.00-10.30 mengikuti  pengajian kitab di pondok pusat. Dilanjutkan ba’da Dhuhur, seluruh santri wajib kemabali menyetorkan hafalan (ngaji). Adapun setoran ba’da dhuhur merupakan waktu pengganti santri mengaji yang biasanya dilaksanakan ba’da maghrib. Dikarenakan ba’da maghrib digunakan oleh para santri untuk melanjutkan berbuka puasa. Pada pukul 16.00-17.00 seluruh snatri mengikuti pengajian kitab sore (madrasah diniyah) sampai selesai. Lalu dilanjutkan dengan menunggu waktu maghrib tiba kemudian dilanjutkan dengan buka bersama bagi seluruh snatri komplek Al-Maghfiroh, kemudian berlanjut dengan salat maghrib berjamaah. Salat tarawih dimulai sejak pukul 19.15-20.45. Majelis tarawih itu sendiri terbagi menjadi tiga majelis. Diantaranya yaitu majelis yang dikhususkan bagi santri pelajar MTS, MA dan IIQ serta Takhasus.

Demikian rangkaian kegiatan Ramadan Fil Ma’had yang berlangsung di pondok pesantren An-nur komplek Al-Maghfiroh. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi umat muslim diseluruh penjuru nusantara. Semoga kita bertemu dengan Ramadan ditahun mendatang. Dan semoga Ramadan kita tahun ini tergolong kedalam ibadah yang penuh berkah. Amiin (*Dewi)

Bahrul Amiq
Bahrul Amiq
Who iam i? Orang tanah sebrang yang sedang ingin menjadi orang di tanah Jogja. Hobi menjelajah alam, dan disini hanya sebagi admin dan tukang posting. Klik Icon kecil dibawah ya...!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Fortasi Putra: Bersyukur Bisa Menjadi Santri

www.annurngrukem.com - Forum Ta’aruf Santri atau biasa disingkat Fortasi, adalah acara yang digelar Pondok Pesantren An Nur Ngrukem setiap tahunnya. Pelaksanaan acara...

Pojok Santri#6 (Pelayan Surga)

“Qola Jibril ‘alaihi Al Salam: Yaa Muhammad, ‘Isy Maa Syi’ta Fainnaka Mayyitun, Wa Ahbib Man Syi’ta Fainnaka Mufariqun, Wa’mal Maa Syi’ta Fainnaka...

Haul Ke-10 Ny Hj Walidah Moenawwir: Biografi dan Manaqib Singkat

www.annurngrukem.com - Haul adalah kegiatan rutin tahunan yang dilakukan untuk memperingati wafatnya seseorang yang telah berjasa. Selain untuk mengingatkan kita pada kematian,...

Bulan Rajab Waktu yang Tepat Memperbanyak Ibadah Istigfar

www.annurngrukem.com - Bulan Rajab merupakan salah satu bulan mulia yang terletak pada bulan ketujuh dalam kalender Hijriah. Tanggal 1 Rajab 1442 H...

Recent Comments

Rini Dwi Hastuti on Pojok Santri#6 (Pelayan Surga)
Muhammad Rofiq Aulawi on Masih Manusiakah Kita?
annur ngrukem on Penarikan Santri Tahap Dua
annur ngrukem on Penarikan Santri Tahap Dua
annur ngrukem on Cinta Raisa #3
fuad Rosyid on Kegiatan Harian
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
👋 Hai, ada yang bisa saya bantu??