Rabu, Oktober 28, 2020
Beranda Artikel IIQ An Nur Yogyakarta Gelar PBAK di Masa Normal Baru

IIQ An Nur Yogyakarta Gelar PBAK di Masa Normal Baru

Pada tahun 2020 ini, Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) An Nur Yogyakarta menerima kurang lebih 178 mahasiswa baru. Mahasiswa baru diwajibkan mengikuti kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) selama tiga hari, tanggal 28-30 September 2020.

PBAK tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena adanya wabah Covid-19. PBAK dilaksanaan secara daring via Zoom, Youtube dan Instagram  serta teknik Luring bagi mahasiswa yang berada di asrama Pondok Pesantren An Nur. PBAK kali ini mengangkat tema “Eksplorasi Spirit Qurani Menuju Generasi Intelektual”.

Pembukaan PBAK ini dilaksanakan pada hari Senin (28/9) di halaman kampus IIQ An Nur Yogyakarta sekaligus disiarkan langsung via Youtube. Mengingat situasi dan kondisi pandemi Covid-19, acara pembukaan ini cukup diwakili oleh 14 mahasiswa baru, beberapa panitia dan steering commite yang berada di lingkungan Pondok Pesantren An Nur.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, face shield, dan physical distancing, acara ini berjalan khidmat dan meriah meskipun ada sedikit kendala pada jaringan yang kurang stabil.

“Hari ini di mana jenjang pelajar ditinggalkan. Dalam balutan acara pembukaan PBAK LAQSMANA 2020. Meskipun terhalang dengan segala kemungkinan, keadaan baru dan beratnya perubahan yang harus kita emban, serta pola pikir sebelum dan sekarang yang terbalut dalam tema “Eksplorasi Spirit Qurani Menuju Generasi Intelektual” yakni bagaimana kita mengambil nilai-nilai intelektual dalam Al-Qur’an untuk menjadikan jiwa kalian jiwa Al-Qur’an.” ucap Zainal Fanani dalam sambutannya, selaku ketua panitia PBAK LAQSMANA 2020.

Tidak hanya ketua panitia PBAK saja yang membagikan semangat kepada para mahasiswa baru, wakil presiden mahasiswa Ahmad Tomi Wijaya pun turut serta memberikan sambutan, “Di IIQ An Nur ini, belajarlah dengan semangat, berproseslah, banyak organisasi yang dapat membantu mengasah fisik dan pikiran kalian yang berguna di masa mendatang. Untuk itu saya ucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru, selamat bergabung dan semoga dapat berproses dengan baik.”

Banyaknya keterbatasan pada kegiatan PBAK LAQSMANA 2020 ini turut dirasakan oleh mahasiswa baru, seperti curahan hati salah satu mahasiswa baru bernama Lativa.

“Alhamdulillah, Mbak, PBAK-nya sudah selesai. Senang, sih, nggak terlalu menguras tenaga dan pikiran. Pagi-pagi gitu aku dan teman-teman seasrama sudah dandan rapi pakai dresscode yang sudah ditentukan panitia. Kita foto gentian untuk absen ke kakak pembimbingnya. Yahh, meskipun bakalan lebih seru kalau tatap muka langsung, ya. Ada suka dukanya masing-masing sih, Mbak.” katanya.

Selain itu, panitia menebarkan semangat dengan membuat lagu khusus PBAK tahun ini. Tentunya sesuai situasi dan kondisi mewabahnya Covid-19. Di tengah kondisi pandemik, para mahasiswa IIQ An Nur Yogyakarta telah membuktikan untuk tetap kreatif dan aktif serta inovatif. Bukti bahwa mahasiswa akan terus berkarya meski banyak halangan dan rintangan menghadang.

__________________________________

Info kampus lebih lengkap silakan kunjungi www.iiq-annur.ac.id

__________________________________

Pewarta: minna

Editor: IDU AHM

Lagu Spesial PBAK 2020
Avatar
annurngrukem
Admin website. Pengurus Pondok Pesantren An Nur. Departemen Multimedia Bidang Informasi dan Teknologi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Menuju Madrasah Ramah HAM

www.annurngrukem.com - AKHBAR MISALMANBA- Momen tahun ajaran 2020-2021 memang terasa berbeda dan istimewa. Bukan hanya masalah Covid-19 yang mensyaratkan Adaptasi Kebiasaan Baru...

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW: Meneladani Kehidupannya

www.annurngrukem.com - Selasa (20/10) Pondok Pesantren An Nur gelar peringatan maulid Nabi Muhammad saw. Acara berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan sebagaimana mestinya....

Apel Hari Santri Nasional 2020

www.annurngrukem.com - Apel dalam rangka Hari Santri Nasional dilaksanakan secara internal di komplek masing-masing pada Kamis (22/10), agar mengurangi jumlah peserta dalam...

Haul Virtual Internasional Muassis Pondok Pesantren An Nur

www.annurngrukem.com - Senin (19/10), Pondok Pesantren An Nur mengadakan acara Haul Ke-6 Almaghfurlah KH Nawawi Abdul Aziz. Acara...

Recent Comments