BeritaPengumuman

Informasi Seleksi Penerimaan Santri Baru

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan atas nikmat yang telah dilimpahkan-Nya. Semoga kita selalu mendapatkan rida dan hidayah-Nya. Selawat dan salam mari kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW, dengan harapan semoga kita bisa termasuk umat beliau dan mendapatkan syafaat beliau di Hari Kiamat kelak. Amin.

Selanjutnya, kami selaku panitia Admisi Terpadu Penerimaan Santri Baru (PSB) Yayasan Al Mahad An Nur akan memberitahukan beberapa poin penting perihal Seleksi Penerimaan Santri Baru Tahun Ajaran 2023-2024, baik Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), maupun Madrasah Al-Wustho Unggulan (MWU).

Catatan Pra Tes Seleksi

  1. Tes seleksi dilakukan dengan dua moda yakni daring dan luring dan diselenggarakan dalam dua hari sesuai dengan jenjang pendidikan yang dipilih. Waktu dan pelaksanaan dapat dicermati dalam poin berikut ini:
    • MA/Wustho/MI dilakukan pada hari Sabtu, 11 Maret 2023
    • MTs dilakukan pada hari Minggu, 12 Maret 2023
    • Waktu pelaksanaan tes, baik yang daring maupun luring akan dimulai pada pukul 08.00 WIB s.d 15.00 WIB di lokal madarasah formal Pondok Pesantren An-Nur.
    • Bagi calon santri yang berhalangan mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang ditentukan, diharapkan menghubungi nomor pelayanan admisi terpadu di +62 812-2224-2276 (hanya menerima chat WhatsApp)
  2. Bagi Alumni An-Nur yang akan melanjutkan pendidikan di lingkungan An Nur, tidak perlu melakukan tes wawancara, akan tetapi akan diadakan screening kerawanan oleh lembaga terkait seperti Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah, dan madrasah formal sebelumnya untuk landasan penilaian.
  3. Semua santri wajib tinggal di asrama, kecuali bagi: 1) pendaftar laju MI Al Ma’had An Nur dan 2) putra-putri daerah sekitar pondok atas izin dan sepengetahuan pengurus pondok atau lembaga terkait. Contoh: calon santri berdomisili di Ngrukem/Juron/Sakulan (nama-nama dusun di lingkungan pesantren An-Nur).
  4. Aspek yang akan menjadi pertimbangan dalam seleksi adalah:
    • Kualitas bacaan Al-Qur’an, meliputi: Tajwid, Makhorijul Huruf, dan Hafalan (jika ada)
    • Hasil wawancara
    • Test Potensi Akademik (TPA)
  5. Semua lembaga di atas (MI-MTs-MA-MWU) mengikuti teknis ini. Jika ada penambahan teknis, maka itu menjadi hak prerogatif dan tanggung jawab lembaga terkait dan akan diinformasikan kepada orang tua/ wali calon santri.
  6. Orang tua/wali santri wajib konfirmasi ketersediaan memilih tes secara daring atau luring di laman yamanur.org pastikan sudah mendaftar di aplikasi AnnurQ, lunas pembayaran formulir dan memiliki NUP (Nomor Urut Pendaftaran).
  7. Jika mengikuti tes secara daring, pastikan Anda sudah dimasukkan ke dalam Grup WhatsApp khusus peserta tes calon santri baru.
READ  Informasi Tes Seleksi Santri Baru

Rangkaian Tes Seleksi Luring

  1. Calon santri datang ke An Nur sesuai jadwal yang telah dibuat panitia maksimal 30 menit sebelum waktu tes dimulai.
  2. Calon santri MTs, MA dan MWU masuk ke ruangan seleksi secara individu dan mengerjakan soal TPA dan melaksanakan seleksi bacaan Al-Quran yang akan diberikan oleh Tim Seleksi (calon santri sudah di dalam ruangan maksimal 10 menit sebelum Tim Seleksi memasuki ruangan) –
  3. Pembagian ruang akan diinformasikan lebih lanjut satu hari sebelum pelaksanaan tes.
  4. Setelah calon santri selesai mengerjakan soal, orang tua atau wali dipersilahkan masuk oleh Tim Seleksi untuk mendampingi anaknya dalam melaksanakan wawancara dengan penguji.

Rangkaian Tes Seleksi Daring

  1. Tes seleksi dilaksanakan dengan aplikasi Video Call WhatsApp dengan jadwal yang sudah disepakati dengan Tim Seleksi yang ditugaskan.
  2. Pastikan baterai HP atau laptop yang digunakan telah terisi penuh.
  3. Sebelum dimulai, HP atau laptop yang dipakai wajib dicek/dites dahulu, meliputi: kejelasan suara, kejernihan gambar, dan lain semacamnya.
  4. Pastikan ruangan yang digunakan dalam kondisi rapi dan tidak akan terganggu selama proses tes berlangsung.
  5. Calon santri dan orang tua/wali sudah siap maksimal 30 menit sebelum video berlangsung.
  6. Pastikan data dan jaringan internet stabil selama tes berlangsung.
  7. Calon santri mengerjakan soal TPA yang diberikan oleh Tim Seleksi.
  8. Pada sesi wawancara, orang tua/ wali dipersilahkan mendampingi anaknya.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan. Untuk teknis yang lain, calon wali santri bisa menyimak dan update ke media sosial/ informasi PSB. Atas perhatian bapak-ibu calon santri, kami mengucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

annurngrukem

Admin website. Pengurus Pondok Pesantren An Nur. Departemen Multimedia Bidang Informasi dan Teknologi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
Hai, ada yang bisa saya bantu??