Berita

Khasanah: Halal bi Halal Organisasi Daerah Santri Asal Jawa Barat

www.annurngrukem.com – Santri Pondok Pesantren An Nur memiliki beberapa organisasi daerah atau biasa dikenal dengan orda. Organisasi ini dibentuk guna mengayomi santri dari berbagai macam provinsi dan menjalin silaturahim antar sesamanya. Selain menjadi ruang bersilaturahim, organisasi daerah ini juga memiliki agenda rutinan, seperti sima’an dan halal bi halal yang diadakan rutin pasca Idul Fitri.

Adapun orda santri asal Yogyakarta yakni Orda Maqufa, orda santri asal Jawa Barat yakni Orda Khasanah, orda santri asal Jawa Tengah yakni Orda Sakinah, orda santri asal luar Jawa yakni Orda Iksaas, dan orda santri asal Jawa Timur yakni Orda RTQ.

Kegiatan halal bi halal orda Khasanah ini berbeda dengan orda lainnya, karena orda Khasanah ini berlangsung pada saat pondok sedang libur lebaran, yakni pada tanggal 6 syawal 1440 H/28 april 2023. Acara ini berlangsung pada hari Kamis pagi mulai pukul 08.30 WIB – 16.00 WIB.

Acara bertempat di masjid Al Hidayah, Blok 2 Dusun Sumyang, Desa Susukan, Kec. Susukan, Kab. Cirebon. Lokasi halal bi halal ini merupakan kediaman dari salah satu alumni santri Pondok Pesantren An Nur Ngrukem.

Halal bi Halal ini dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta meliputi santri, alumni dan warga sekitar. Perbedaan yang lain dari acara orda Khasanah yakni tidak menggelar sima’an al-Qur’an yang dibaca secara bil ghoib, melainkan dengan muqoddaman al-Qur’an 30 juz.

Adapun acara muqoddaman al-Qur’an 30 juz dibuka dengan tawassul yang dipimpin oleh Ust Tahmid Wajid dan dilanjut dengan muqoddaman al-Qur’an 30 juz yang dipimpin oleh KH. Abdul Basith. Peserta serentak mulai membaca al-Qur’an sesuai pembagian juz yang diperoleh dengan sangat antusias.

READ  Wisuda Tahfidz Pertama MI An Nur

Setelah pembacaan muqoddaman al-Qur’an 30 juz selesai, acara ditutup dengan tahlil dan doa yang dipimpin oleh KH. Abdul Basith.

Selepas sholat Dzuhur berjamaah, dilanjutkan dengan memasuki acara yang kedua yakni halal bi halal dan pengajian umum. Acara dibuka dengan pembacaan kalam Ilahi dan Sholawat Nabi oleh sdr. Feri Ovalyanto.

Setelah sholawat Nabi, acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari Ust Mulyono Priono selaku ketua panitia halal bi halal, ust Tahmid Wajid selaku ahlul bait, Agus Adib Ashim dari dzuriyah Pondok Pesantren An Nur Ngrukem, dan yang terakhir dari ust Masdain Rifa’I (Penyusun buku Kafa Bihi).

Setelah sambutan-sambutan, acara dilanjut dengan mauidzoh hasanah oleh KH. Ma’mun Sa’ad dan doa bersama yang dipimpin oleh KH. Ashim Nawawi. Acara ditutup dengan mushofahah (berjabat tangan) antar hadirin dan berfoto bersama.

— Hasyim Abdul Lathif (santri PP An Nur Pusat – Ketua Orda Khasanah)

annurngrukem

Admin website. Pengurus Pondok Pesantren An Nur. Departemen Multimedia Bidang Informasi dan Teknologi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
Hai, ada yang bisa saya bantu??