Khatamkan 212 Al-Qur’an Menuju Haul Ke-83 KH. M. Munawwir

0
6

www.annurngrukem.com – Para santri Pondok Pesantren An Nur Ngrukem Bantul ikut serta dalam amaliah menuju Haul Ke-83 KH. M. Munawwir, Krapyak. Amaliah ini merupakan amaliah rutin tahunan para santri An Nur, sebagaimana biasanya. Kali ini, amaliah dibuka di komplek masing-masing oleh pengasuh masing-masing.

Di komplek Putra Pusat, amaliah dibuka langsung oleh KH. Muslim Nawawi. Sebelum beliau membuka amaliah secara resmi, beliau berpesan kepada seluruh santri agar membaca amaliah dengan sebaik-baiknya bacaan. Sebab, yang akan dikirimi amaliah adalah sang Ahli Al-Qur’an, yakni KH. M. Munawwir.

Pembukaan amaliah tersebut sejak Senin, 3 Januari 2022 lalu. Pembukaan dilangsungkan setelah jamaah shalat Magrib bertempat di musala. Amaliah dibagi menjadi tiga kelompok secara umum, yaitu: santri Binadzri, santri Tahfidz, dan majelis Semaan Al-Qur’an 30 juz.

Santri Binadzri komplek Putra Pusat melakukan amaliah pembacaan surah Yasiin. Amaliah ini berlangsung setiap para santri Binadzri mengaji bareng ustaz masing-masing. Dimulai sejak pembukaan amaliah oleh pengasuh hingga penutupan atau lebih tepatnya selesai setelah malam puncah Haul Ke-83 KH. M. Munawwir, Krapyak.

Para santri Binadzri komplek Putra Pusat berhasil menyelesaikan amaliah pembacaan surah Yasiin sebanyak 2.226 kali. Berikutnya, amaliah santri Tahfidz yakni muqadaman Al-Qur’an. Pembagian jatah bacaan menyesuaikan hafalan yang telah didapatkan santri. Muqadaman terdiri dari 10 juz dan 15 juz.

Para santri Tahfidz mulai membaca bagian masing-masing yang telah ditentukan pengurus sejak pembukaan hingga penutupan amaliah. Hasil akhir pembacaan amaliah muqadaman Al-Qur’an mencapai 79 khataman.

Selanjutnya, ada majelis semaan 30 Al-Qur’an. Sedikitnya ada 5 mejelis semaan di komplek Putra Pusat. Acara semaan diadakan pada Senin, 10 Januari 2022. Pada saat ini telah menyelesaikan 4 khataman semaan Al-Qur’an 30 juz. Lalu, pada Rabu, 12 Januari 2022 semaan di makam KH. M. Munawwir yang berada di Dongkelan.

Semaan di makam ini juga rutin H-1 dilaksanakan oleh para santri khotimin. Sebab, ini adalah dawuh dari al-Maghfurlah KH. R. Najib Abdul Qodir. Di sana, biasanya merampungkan satu khataman Al-Qur’an, satu majelis khataman. Jadi, total ada sebanyak 84 khataman Al-Qur’an yang dilakukan oleh para santri.

Penutupan amaliah pada Kamis, 13 Januari 2022, bertepatan dengan puncak acara di Krapyak. Karena situasi masih pandemi, sehingga para santri An Nur tidak bisa datang ke Krapyak untuk mengikuti acara puncak tersebut. Akan tetapi, beberapa komplek mengikuti dengan hikmat melalui streaming Youtube.

Adapun hasil rekapan amaliah dari komplek Maghfiroh sebanyak semaan 3 khataman Al-Qur’an. Ditambah dengan amaliah muqadaman sejumlah 48 khataman Al-Qur’an. Lalu, amaliah shalawat Nariyah sedikitnya ada 13.384 kali bacaan. Dan amaliah surah Yasin mencapai 256 kali. Terakhir amaliah surah al-Ikhlas ada 7.774 kali bacaan.

Untuk komplek Khodijah, para santri berhasil menyelesaikan amaliah muqadaman sebanyak 53 khataman Al-Qur’an. Ditambah amaliah surah Yasin sejumlah 308 bacaan. Dan mengadakan semaan Al-Qur’an dengan perolehan 4 khataman. Hasil rekapan Khodijah cabang juga telah masuk dalam laporan ini.

Berikutnya komplek anak-anak, komplek Attarik, yang melaksanakan amaliah membaca surah al-Ikhlas. Sedikitnya, setiap anak membaca 100 kali, dengan jumlah 180 anak, maka komplek Attarik menyumbangkan 18.000 bacaan surah al-Ikhlas. Selain itu, komplek melaksanakan tahlil pada malam Jumat (Kamis, 13 Januari 2022) dan ziarah.

Beralih ke komplek Nurul Huda. Para santri mengikuti amaliah yang telah dibuat pengurus, yakni muqadaman dan semaan Al-Qur’an. Pada sesi muqadaman, para santri merampungkan 11 khataman Al-Qur’an. Untuk majelis semaan, komplek Nurul Huda menyelesaikan satu khataman Al-Qur’an.

Kemudian, komplek Putri Pusat sendiri telah melaksanakan beberapa amaliah. Para santri Binadzri menyelesaikan amaliah 3 khataman Al-Qur’an secara muqadaman. Selain itu, ada semaan Al-Qur’an sebanyak 5 khataman. Adapun santri yang lain ada yang menyelesaikan 7.885 shalawat Nariyah, al-Ikhlas 3.510, dan surah Yasiin sebanyak 174 bacaan.

Total akhir hasil amaliah para santri An Nur Ngrukem mendapatkan angka 212 kategori khataman Al-Qur’an (semaan dan muqadaman), Yasiin mencapai angka 2.964 bacaan, surah al-Ikhlas selesai sedikitnya 29.284 kali bacaan, dan shalawat Nariyah berhasil dibaca sebanyak 21.269 kali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here