Libur Semester Ganjil Berlaku Hanya Jawa Saja

0
13

www.annurngrukem.com – Kamis (23/12), Pondok Pesantren An-Nur mengadakan liburan akhir semester. Liburan kali ini  dimulai pada tanggal 23 Desember dan akan berakhir pada tanggal 30 Desember mendatang. Setelah sekian pandemi menetap di dalam pondok, akhirnya para santri bisa merasakan suasana luar pondok, khususnya suasana kampung halamannya.

Para santri sangat antusias dengan adanya liburan akhir semester ini. Untuk memenuhi syarat perpulangan, para santri tampak menyegerakannya dan bersemangat. Adapun persyaratan pulang adalah santri harus meminta tanda tangan pada beberapa departemen yang sekiranya ada tanggungan pembayaran. Sehingga mereka pulang dalam keadaan bebas tanggungan pembayaran apapun.

Sebelum pulang, keadaan kamar, komplek, dan lingkungan pondok harus sudah bersih. Sehingga tepat setelah jamaah salat Subuh, para santri langsung mulai roan, beres-beres. Tampak kegiatan roan dilaksanakan dengan semangat dan maksimal.

Tidak hanya para santri, wali mereka pun tampak antusias menjemput putra-putrinya. Penjemputan yang dimulai pukul 08.00 WIB, arena parkiran penjemputan sudah ramai kendaraan wali santri sejak kurang lebih pukul 06.00  WIB. Arena parkiran dan registrasi wali bertempat di halaman kampus IIQ An Nur.

Adapun alur penjemputannya yaitu, wali santri harus menuju ke halaman IIQ An Nur terlebih dahulu untuk registrasi, kemudian akan diarahkan untuk menuju komplek putra-putrinya masing-masing. Sebelum pulang, santri harus menyerahkan blangko dan buku ijin santri, serta tanda tangan perpulangan.

Liburan yang hanya diadakan selama satu minggu ini, mewajibkan untuk para santri tetap tadarus, ngaji di rumah. Sehingga santri pulang dengan membawa buku ngaji. Setidaknya sebagai bukti mereka tetap nderes dan ngaji di rumah. Santri yang pulang wajib datang kembali ke pondok pada hari Kamis pekan depan maksimal pukul 17.00 WIB. Bagi yang melebihi batas waktu tentunya akan mendapatkan konsekuensi sesuai kebijakan pengurus.

Perkiraan prosentase santri yang pulang ada 85% santri, sisanya tetap berada di pondok. Liburan kali ini tampak masih banyak santri yang tetap di pondok. Sebagian dengan alasan karena rumahnya di luar Jawa. Sedangkan memang peraturannya, santri yang boleh pulang hanya santri asal Jawa.

Bagi yang asal luar Jawa yang memiliki saudara di Jawa, diperbolehkan pulang ke rumah saudaranya. Tentunya apabila ada yang hendak pulang ke luar Jawa, hanya akan menghabiskan waktu perjalanan. Peraturannya pun tidak menerima ijin perpanjangan liburan, kecuali dengan alasan yang jelas dan pasti.

Beberapa santri yang tidak pulang juga ada yang hanya ingin merasakan suasana liburan di pondok. Seperti kata Mufidatul Ummah asal Cilacap, “aku gak pulang soalnya pengin merasakan suasana liburan di pondok. Daripada pas liburan Idul Fitri mending pas liburan Desember ini. Kebetulan juga udah janjian sama temen buat gak pulang, gitu aja, hehehehe”

Santri yang tetap di pondok diberi fasilitas hiburan berupa nonton film. Tentunya agar tidak stress, suntuk. Untuk menjaga keistiqamahan dalam beberapa kegiatan, para santri tetap diharuskan melaksanakan salat maktubah berjamaah. Bahkan pembacaan wirid wirdul lathif dan rotib Al Haddad pun tetap dilaksanakan. Fasilitas makan santri pun berjalan sebagaimana biasanya.

Bagi seluruh santri, baik yang pulang atau tidak harus tetap menjaga nama baik pondok di masa liburan dan menjaga etika sebagai santri di manapun kapanpun.

Harapannya untuk yang sedang berlibur tentunya akan kembali ke pondok dengan semangat baru. Begitupun untuk yang tetap di pondok. Setidaknya sudah ada masa berlibur, tidak dipadatkan oleh kegiatan pondok melulu.

Alur kedatangan santri tanggal 30 Desember besok tetap wajib membawa surat Negatif Covid-19. Surat yang diterima pengurus hanya Rapid Antigen atau PCR, bukan GeNose. Semua itu adalah bentuk ikhtiar agar pesantren tetap menjadi lingkungan yang terbebas dari kasus Covid-19. Sehingga semua santri dapat belajar dengan aman dan nyaman, begitupun orang tua mereka di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here