Berita

Santri An Nur Menyambut  Tahun Baru 2024

Ahad (31/12) ratusan santri berkumpul mengadakan acara mujahadah di halaman Pondok Pesantren  An Nur untuk menyambut tahun baru 2024.  Acara ini diikuti santri An Nur komplek putra pusat, putri pusat, Al-Madinah sampai komplek Annisa.

Acara mujahadah penyambutan tahun baru ini dimulai dengan diucapkannya salam pembuka yang disampaikan langsung oleh bapak Muslim Nawawi selaku pengasuh pondok pesantren Annur. Dilanjutkan dengan amanat, renungan santri, mujahadah, doa penutup serta penampilan grup gambus Ahibbak turut serta memeriahkan rangkaian acara pada malam ini. Acara dimulai dari pukul 19.30 WIB sampai 24.00 WIB

Acara ini diadakan dalam rangka menyambut kedatangan tahun baru 2024 serta sebagai forum muhasabah diri bersama sebagai upaya peng-Upgrade-an niat dalam menjalani kehidupan baru di tahun yang baru ini. Berbagai amanat dan pesan di sampaikan oleh beliau.

Dalam amanatnya beliau berpesan bahwa perubahan tahun 2023 ke 2024 juga harus diiringi perubahan kita menjadi lebih baik.

“Perubahan dari tahun 2023 ke tahun 2024 itu skalanya meningkat jadi kita juga harus seperti itu, berubahnya dari yang belum baik menuju ke sudah baik. Karena ketika berubah kok skalanya menurun itu bukan perubahan melainkan pembubrahan.” tutur beliau.

“Perjalanan sang waktu itu sebenarnya pelan dan lambat tapi karena sang waktu berjalan terus menerus, istiqomah tanpa berhenti sehingga sang waktu terasa berjalan dengan cepat.” Tambah beliau.

Di sela-sela nasehatnya Bapak K.H. Muslim juga menyampaikan gurauan.

“Perubahan tidak harus drastis tetapi pelan namun pasti, yang sangat menjadi sorotan di sini alah perihal shalat dan juga jama’ah. Santri Annur nggak jama’ah apa kata dunia. Shalat nggak ada kamu nggak asyik.” Canda beliau.

READ  IPPNU-IPPPNU Bantul Gelar Konfercab Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) An-Nur Ngerukem

Terakhir , beliau mengajak teman-teman santri untuk merenungi semua yang sudah di lakukan dulu waktu masih berada di tahun 2023, membaca Istihgfar dan shalawat Jibril serta mendoakan guru-guru dan juga orang  tua.

Setelah mujahadah acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan grup gambus Ahibbak sampai akhir acara. Sembari mendengarkan gambus santri membuat acara bakar-bakar jagung di komplek masing-masing dengan kreasinya masing-masing tentunya.

Di Komplek Putri Pusat, sebelum memulai acara  bakar-bakar jagung masing-masing dari sub komplek mengirimkan 10 delegasi untuk mengikuti lomba tebak lagu sebagai upaya untuk mendapatkan nomor undian bakar-bakar jagung. Perlombaan berlangsung meriah sesuai salah satu syarat perlombaannya yaitu semua yang hadir dalam lomba ini harus bahagia dan ceria, mau itu lucu atau tidak harus tetap tertawa.

Adapun teknis pelaksanaan lombanya yaitu para delegasi maju sesuai undian yang sudah di dapatkan melalui metode Hompimpah sehingga terbentuklah dengan urutan maju mulai dari komplek MTs, MA Tahfizd, Pemula dan yang terakhir Komplek MA Binnadzri. Durasi lombanya sekitar 2/3 menit per delegasi kompleknya, sehingga diperoleh urutan resmi untuk bakar-bakar jagung mulai dari komplek MA Tahfidz, Pemula, MA Binnadzri sampai yang terakhir komplek MTs.

Sedangkan di Komplek Putra juga ada penampilan tari tari Zapin dari rekan-rekan santri. Acara begitu berkesan dan menyenangkan karena baru pertama kali ada acara penampilan gambus dalam rangka menyambut tahun baru.

Setelah acara penyambutan pada malam hari, pagi harinya santri mengikuti acara Maulid Al Barzanji selepas shalat Subuh. Rangkaian acara ini harapannya agar tahun 2024 menjadi lebih berkah dan lebih baik.

_______________________________________________________________________________

Jurnalis:  Ni’matus Salamah

 

 

annurngrukem

Admin website. Pengurus Pondok Pesantren An Nur. Departemen Multimedia Bidang Informasi dan Teknologi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
Hai, ada yang bisa saya bantu??