Kategori
Berita

Asiknya Idul Adha di Pesantren

www.annurngrukem.com Momentum Hari Raya Idul Adha, Pondok Pesantren An Nur Ngrukem selalu semarak. Sebab, seluruh santri tetap berada di pesantren, dengan kata lain tidak pulang atau berkunjung ke rumah saudara yang berdomilisi Jogja.

Namun demikian, wali santri diperbolehkan mengunjungi putra-putrinya di pesantren. Libur Hari Raya Idul Adha relatif sama dengan tahun sebelumnya, semua kegiatan belajar mengajar (KBM) diliburkan selama tiga hari. Satu hari sebelum dan sesudah Idul Adha.

Malam takbiran selalu ramai dengan kreatifitas santri menabuh alat seadanya untuk mengiri nada takbiran. Selain itu, pesta kembang api ikut menghiasi langit Ngrukem pada malam Hari Raya Idul Adha ini.

Kali ini, ada sekitar 120 kembang api yang disediakan pengurus dan secara bersamaan ditampilkan di depan Kampus IIQ An Nur pada malam Idul Adha. Kegembiraan para santri tentu saja pecah. Adapun salat Idul Adha para santri menyebar di masjid-masjid sekitar Ngrukem.

Sebab, santri saat ini yang sudah mencapai 2000 an sehingga tidak mampu ditampung di Masjid Ar-Ridlo Ngrukem saja. Usai pelaksanaan Salat Idul Adha, pukul 08.00 WIB dilangsungkan acara penyembelihan kambing kurban. Ada sebanyak 21 kambing disembelih. Siang harinya dilaksanakan nyate bareng. (Idu)

Oleh IDU AHM

Santri Pondok Pesantren An Nur Ngrukem Bantul. Pekerja Teks Komersial. Baca tulisannya di rahma.id, bangkitmedia.com, dan lainnya. Anggota komunitas online Rumah Membaca Indonesia. Kontak dengannya bisa melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *