Pembukaan Haul Ke-6 K.H. Nawawi Abdul Aziz

0
842

www.annurngrukem.com – Kamis (1/10), K.H. Muslim Nawawi (putra ke-6 K.H. Nawawi Abdul Aziz) memimpin langsung pembukaan kegiatan amaliah dalam rangka “Haul Ke-6 Almaghfurlah K.H. Nawawi Abdul Aziz”

Acara tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab, wabah Covid-19 masih berlangsung. Sehingga acara hanya dilaksanakan secara virtual dengan live streaming  melalui chanel youtube annurngrukem. Melalui live streaming,  maka para alumni atau santri yang berada di luar pondok dapat mengikuti acara tersebut dengan seksama.

Pembukaan bertempat  di pendopo putra,  diikuti oleh seluruh santri putra, dan dihadiri oleh beberapa dewan zuriah dan beberapa alumni. Pembukaan dimulai pukul 15.30. Adapun runtutan acara pembukaan meliputi: sambutan panitia, simbolis pembukaan amaliah yang dipimpin langsung oleh K.H. Muslim Nawawi dengan pembacaan Al-Qur’an satu juz.

Kemudian, sebagai bentuk taat peraturan dalam pencegahan penularan Covid-19,  peserta acara tetap menggunakan protokol kesehatan. Yaitu dengan menggunakan masker dan menerapkan social distancing. Serangkaian acara berjalan dengan lancar tanpa ada suatu halangan apapun.

Selain pembukaan amaliah di komplek putra, santri putri juga mengadakan pembukaan amaliah yang dilaksanakan pada malam Jumat setelah pembacaan tahlil rutin, dan dipimpin langsung oleh Ny. Hj. Farchah Ashim. Adanya pembukaan amaliah secara sendiri dilaksanakan atas dawuh dari pengasuh.

“Sebenarnya tadi sudah dibuka oleh pak Kiai Muslim lewat virtual, tapi untuk memantapkan lagi kita buka juga kegiatan amaliah ini untuk santri putri. Karena kan tadi mungkin banyak yang belum ikut. Jadi agar lebih afdal kita buka lagi”  dawuh Ny. Hj.  Farchah Ashim. Pembukaan kegiatan amaliah hanya dengan pembacaan al-Fātihah 3 kali.

Adapun amaliah yang dilaksanakan  adalah pembacaan Al-Qur’an oleh seluruh santri. Untuk pembagiannya, setiap santri mendapatkan jatah membaca Al-Qur’an sesuai dengan marhalah mengaji. 

READ  Pembukaan Ramadhan 1440 H/ 2019 M

Ada yang mendapatkan jatah membaca 5 juz, 10 juz, 15 juz dan sampai 30 juz. Santri yang mendapatkan jatah membaca 30 juz adalah santri yang sudah selesai menghafalkan Al-Qur’an. Pembacaan amaliyah dimulai dari tanggal 1 Oktober  dan dibatasi sampai tanggal 14 Oktober 2020. Kemudian akan dilanjutkan dengan agenda  semaan Al-Qur’an pada tanggal 15 Oktober 2020.

Kegiatan amaliah merupakan kegiatan rutin setiap tahun dalam rangka peringatan Haul muassis Pondok Pesantren An Nur. Kegiatan rutin ini adalah sebagai kewajiban sebagai santri dalam bentuk cinta, takzim, dan tabarukan dengan pendiri Pondok Pesantren An Nur Ngrukem. (Qo2m)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here