Penilaian Akhir Tahun (PAT) Madrasah Tsanawiyah Al Ma’had An-Nur Bantul Tahun Pelajaran 2020/2021

0
764

Bantul– Kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun pelajaran 2020/2021 di MTs Al Ma’had An-Nur Bantul akan berlangsung selama 8 hari secara daring (dalam jaringan). Pelaksanaan PAT hari pertama dimulai pada hari Rabu, 2 Juni 2021. Kegiatan PAT akan dilaksanakan pada tanggal 2-10 Juni 2021.

Kegiatan PAT diikuti oleh seluruh peserta didik kelas VII dan VIII. Dalam pelaksanaanya, bagi peserta didik yang sudah kembali ke pondok akan mengerjakan soal yang sudah dibagikan oleh panitia PAT ke pondok, dan bagi peserta didik yang masih di rumah akan mengerjakan soal PAT melalui link google form yang dibagikan oleh panitia PAT melalui grup orang tua/wali peserta didik masing-masing kelas.

Pelaksanaan PAT pada hari pertama dan hari kedua sudah berjalan lancar. Hal ini dapat diketahui melalui pemantauan google form yang telah dirancang sebagai wadah dalam pelaksanaan PAT tahun ajaran 2020/2021. Meski terdapat beberapa kendala dalam mengerjakan soal PAT, namun peserta didik tetap serius, antusias, tertib, dan disiplin dalam mengikuti ujian PAT. Selain itu, pemantauan pada grup whatsapp orang tua/wali peserta didik juga menyertai selama proses kegiatan PAT berlangsung.

Pelaksanaan PAT dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Sebagai bentuk siap sedia, panitia PAT juga memberikan kesempatan untuk mengikuti ujian PAT susulan bagi peserta didik yang mengalami kendala selama pelaksanaan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Namun demikian, dengan adanya tahap susulan yang diberikan oleh panitia PAT, diharapkan agar peserta didik tetap berusaha mengikuti ujian PAT sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Adapun susunan panitia kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun ajaran 2020/2021 di MTs Al Ma’had An-Nur Bantul. Bapak Abdul Kirom, S.Th.I., M.Hum. sebagai penanggungjawab, Ibu Dra. Hj. Binar Nursanti dan Bapak Muhammad Muqtafi sebagai pengarah, Bapak Suryanta, S.Pd. sebagai ketua panitia, Bapak Muhammad Tamyiz, S.Pd. dan Bapak Muhammad Ya’kub Harahap sebagai sekretaris, Ibu Ririn Muryani sebagai bendahara dan konsumsi, Ibu Denis Kurniandari, Amd., Ibu Diah Agustina, S.Pd., Ibu Nissa Alfionita, S.Pd., dan Ibu Ulfa Nakita Hapsari, S.Pd. sebagai operator, Bapak Muhammad Jawari, S.Pd.I., dan Ibu Anggita Dwi Wulandari, S.Pd. sebagai humas, Bapak Drs. H. Mustofa, Bapak Kusmanto, S.Pd.I., dan Bapak Indro Purwanto sebagai pembantu umum.

READ  Mufidaturrofi’ah Berhasil Menyelesaikan Hafalan 30 Juz Al-Qur’an di Era Pandemi Covid-19

PAT merupakan tahap akhir dalam menyelesaikan proses pembelajaran selama dua semester di jenjang kelas yang sedang diduduki dalam satu tahun. Hal ini berkaitan dengan tahap kenaikan kelas, yang mana nilai hasil dari pengerjaan soal PAT menjadi pendukung progres nilai selama dua semester, atau selama peserta didik berada pada jenjang kelas yang diduduki. Nilai PAT akan berpengaruh dalam hal ketuntasan belajar, yang mana setiap peserta didik harus mencapai nilai KKM yang telah ditentukan oleh Madrasah. Berkaitan dengan hal tersebut, sangat penting bagi peserta didik untuk menyambut dengan baik dan memperhatikan ketika proses kegiatan belajar mengajar maupun ketika belajar secara mandiri. Hal tersebut diharapkan agar peserta didik dapat memahami sekaligus menerapkan materi yang telah diajarkan oleh guru serta nilai peserta didik dapat memuaskan dan mencapai KKM, karena pada hasil akhir nilai rapor tidak boleh ada yang di bawah KKM atau tidak tuntas. Oleh karena itu, guru mengharapkan peserta didik mempersiapkan diri dengan baik selama kegiatan PAT berlangsung.

Giva Mey Lovia Safitri, S.Pd.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here