Madrasah Tsanawiyah

Sejarah Berdiri

Latar belakang berdirinya Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ma’had An-Nur berawal dari semakin pesat nya minat masyarakat untuk menitipkan putra-putrinya di Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta. Sehingga sebagian santri ada yang mondok sambil sekolah di MTs/SMP yang ada di sekitar wilayah Bantul. Oleh sebab itu, pada awal tahun 1994, Pengasuh Pondok Pesantren An-Nur, KH.Nawawi Abdul Aziz, menginisiasi untuk mewadahi santri yang ingin mondok sambil sekolah dengan mendirikan MTs Al-Ma’had An-Nur. Berdasarkan pada izin operasional yang dikeluarkan melalui SK Kepala Kakanwil Departemen Agama Propinsi DIY nomor: 24 /KTPS /1994, tanggal 21 April 1994 tentang Persetujuan Pembukaan Madrasah Tsanawiyah Al Ma’had An-Nur Bantul Yogyakarta.

Pada tahun 1994 inilah MTs Al-Ma’had An-Nur Bantul berdiri di bawah naungan Yayasan Al Ma’had An Nur. MTs bertempat di komplek Pondok Pesantren An Nur, Ngrukem, Pendowoharjo, Sewon, Bantul. Dalam menjalankan tugas akademiknya, MTs sebagai lembaga pendidikan yang setingkat dengan SMP dengan berciri khas Islam (pesantren) mempunyai tujuan membekali siswa dengan pengetahuan umum dan pengetahuan agama Islam (pesantren) serta mendidik mereka menjadi manusia yang beriman, berilmu, dan beramal saleh. Siswa MTs Al-Ma’had An-Nur selain menyandang sebagai siswa juga sebagai santri “ Santri-Siswa, Siswa-santri”.

Pada awal berdirinya MTs Al-Ma’had An-Nur Bantul, Tahun Pelajaran 1994/1995  dipimipin oleh KH. Yasin Nawawi sampai Tahun Ajaran 1995/1996.  Sejak awal selalu meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga berangsur-angsur MTs semakin dikenal orang dengan semakin bertambahnya siswa-siswi yang masuk MTs dari tahun ke tahun. Tahun Pelajaran 1996/1997 MTs mendapat bantuan Kepala Madrasah dari Departemen Agama yaitu Drs. Zainuri untuk menggantikan Kepala Madrasah yang lama.

Akreditasi sebagai tolak ukur penyelenggaran pendidikan di MTs Al Ma’had An Nur dilakukan tahun 1997 setelah Madrasah mengikuti EBTA/EBTANAS angkatan I,  jejang akreditasi dengan status  terdaftar.

Pada Tahun Pelajaran 1998/1999, Madrasah kembali melakukan Akreditasi dan mendapatkan Piagam  jenjang Akreditasi atau status disamakan sampai sekarang. Sebagai upaya pengembangan kurikulum yang harus dikembangkan di Madrasah, khususnya kurikulum Kepesantrenan, maka usulan dan saran Yayasan Al Ma’had An Nur agar MTs dan MA dalam hal pengelolaan manajemen dan kurikulum Kepesantrenan di Madrasah harus dibuat sistem terpadu menjadi Madrasah Terpadu 6 tahun (MTs – MA) Al Ma’had An Nur. Sejak itulah Kepala Madrasah terpadu 6 tahun (MTs – MA) Al Ma’had An Nur yang pertama dipercayakan kepada Bapak Zainal Abidin, S.Ag sekaligus menggantikan Bapak Drs. Zainuri yang memasuki masa purna tugas PNS.

Periode kedua dari Madrasah terpadu 6 tahun Al Ma’had An Nur pada tanggal 19 Februari 2001 di serahterimakan jabatan Kepala Madrasah dari Bapak Zainal Abidin, S.Ag kepada Bapak Moch. Machfudz sampai tahun 2008. Sejak 1 Desember 2008 Jabatan Kepala Madrasah diserahkan kepada Bapak KH. Muslim  Nawawi sampai 31 Desember 2009. Mulai 1 Januari  2010, Kepala Madrasah dijabat oleh Bapak Drs. H. Budirejo, MA sampai dengan 30 Januari 2011.

Selanjutnya sejak tanggal 31 Januari 2011, jabatan Kepala MTs Al Ma’had An Nur Bantul  dipegang oleh Bapak Drs. Subakir, MSI. Sesuai dengan SK Kepala Kanwil Kemenag Provinsi D I Yogyakarta atas nama Menteri Agama RI.  Nomor: KW. 12.1/2/76/2011, tertanggal  31 Januari  2011, sampai Januari 2020. Kemudian, regenerasi kepemimpinan kepala madrasah di MTs Al Ma’had An-Nur diamanahkan Ketua Yayasan kepada Bapak Abdul Kirom, S.Th.I,M.Hum mulai tanggal Januari 2020 sampai sekarang.

Identitas Madrasah

  • Nama Sekolah                             : MTs Al Ma’had  An Nur
  • Alamat/ Desa                              : Ngrukem, RT 18 Krandohan, Pendowoharjo
  • Kabupaten                                  : Bantul
  • Kecamatan                                 : Sewon
  • Provinsi                                      : DI Yogyakarta (KodePos 55185 )
  • Nomor Telepon                            : (0274) 367428
  • Nama Yayasan                             : Al Ma’had An Nur
  • Status Sekolah                             : Terakreditasi  A
  • SK Kelembagaan                          : A/Kw.12.4/MTs/13/2007
  • NSM ( 12 digit )                           : 121 234 020 010
  • NPSN                                          : 204 006 15
  • Tahun didirikan/beroperasi     : 1994
  • Status Tanah                               : Sertifikat Hak Milik
  • Luas tanah                                  : 2,125 M2
  • Nama Kepala Sekolah                 : Abdul Kirom, S.Th.I, M.Hum
  • No. SK Kepala Sekolah               : E.2/078/SK/YAA/I/2020
  • Masa Kerja Kep. Sekolah      : 0 tahun 6 bulan

Visi

Adapun Visi MTs al Ma’had An-Nur ialah Berprestasi, Berilmu, Berkepribadian Qur’ani, Unggul, dan Mandiri (PRESIDIUM).

Misi

  1. Menumbuhkan semangat berprestasi kepada warga Madrasah
  2. Mengantarkan siswa berilmu dan berwawasan keislaman yang luas (Tafaqquh Fiddin)
  3. Menciptakan siswa berkepribadian luhur, disiplin,dan cerdas, serta bersikap qur’ani
  4. Menumbuhkan semangat keunggulan, memahami teks Arab, mampu berbahasa Arab pasif dan aktif.
  5. Mengantarkan siswa mandiri dengan keterampilan untuk  bekal hidup dalam masyarakat.

Tujuan

  1. Menyiapkan jumlah kelulusan 100% yang berkualitas.
  2. Menyiapkan lulusan untuk masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi
  3. Menyiapkan tamatan dengan nilai akhlak qur’ani di atas rata-rata provinsi DI. Yogyakarta.
  4. Menyiapkan tamatan dengan keterampilan Komputer dan Internet.
  5. Menyiapkan tamatan untuk menguasai Kitab Kuning, Berbahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam keseharian.
  6. Menyiapkan siswa/ santri yang mumpuni, berilmu dan mandiri.

Target

  1. Terciptanya ruang dan sarana belajar baru  di MTs Al Ma’had An Nur bisa terarah, terencana dengan  sarana yang memadai, refresentatif dan manajemen yang baik.
  2. Meningkatkan mutu dan kualitas guru, pengelola Madrasah, sehingga    tercipta proses KBM yang  berjalan kondusif dan dapat menghasilkan output yang handal.

Sasaran

Terwujudnya ruang dan sarana belajar baru  di Madrasah Tsanawiyah Al  Ma’had An Nur sebagai lembaga pendidikan umum yang terinci khas Agama Islam yang berkualitas dam menjadi lembaga kebanggaan umat.

Pendidikan Kecakapan Hidup

MTs Al Ma’had An Nur Bantul memberikan pendidikan kecakapan hidup, yang mencakup kecakapan pribadi, kecakapan sosial, kecakapan akademik dan kecakapan vokasional, secara terpadu dan merupakan bagian integral dari pendidikan semua mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri.

Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global

Keunggulan lokal yang dimiliki MTs Al Ma’had An Nur Bantul yaitu membudayakan kegiatan islami yaitu:

  1. Pembacaan Asmaul Husna: Pembacaan Asmaul Husna dilaksanakan setiap pagi sebelum pelajaran dimulai, sebagai doa dan  bertujuan untuk memudahkan warga madrasah menghafal asma-asma Allah SWT serta menambah iman dan taqwa warga madrasah.
  2. Kajian Kitab Kuning dan Tahfidzul Qur’an: Kajian Kitab Kuning dan Tahfidzul Qur’an ini bertujuan untuk membantu siswa dalam membaca, menulis,dan mengkaji kitab kuning, sehingga ini menambah pengetahuan siswa selain belajar Al-Qur’an dan menghafalkannya.
  3. Sholat Dhuha, bertujuan untuk menambah iman dan taqwa warga madrasah.
  4. Jama’ah Sholat Dzuhur, bertujuan untuk menambah iman dan taqwa warga madrasah.

Adapun keunggulan global yang dimiliki MTs Al  Ma’had An Nur Bantul yaitu dengan keberhasilannya yang telah mampu mengantarkan   siswa- siswinya  mampu mengoperasikan  internet dengan baik dan masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (SMA, SMK, MA, dan  mampu menempuh dunia kerja/ mandiri).