Hari Santri Nasional 2021: 5 Hal Yang Harus Dimiliki Santri

0
48

www.annurngrukem.com – Hari peringatan Santri Nasional ditetapkan setiap tanggal 22 Oktober sebagai peringatan jasa ulama dan santri yang turut berjuang merebut kemerdekaan Republik Indonesia. Pada tahun-tahun sebelumnya, peringatan hari santri selalu diadakan upacara di lapangan terbuka dan dimeriahkan dengan adanya pawai. Namun, sejak datangnya pandemi Covid-19, peringatan hari santri hanya diperingati melalui sosial media tanpa ada upacara maupun pawai.

Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT., pada tahun ini peringatan hari santri dapat digelar kembali dengan mengusung tema “Santri Siaga Jiwa dan Raga”. Semua pondok pesantren di Indonesia merayakan datangnya hari santri ini.

Tak terkecuali Pondok Pesantren An Nur Ngrukem, yang juga mengadakan acara peringatan Hari Santri Nasional. Walau masih dalam kategori sederhana, namun semangat dan antusias santri sangat membara.

Hal ini dibuktikan dengan dimulainya serangkaian acara peringatan hari santri yang meliputi muqaddaman Al-Qur’an dan pembacaan selawat Nariyah. Tercatat 12 khataman al-Qur’an dan sekitar 12.000 bacaan selawat Nariyah yang sudah dilaksanakan dalam menyambut hari santri oleh santri putri.

Tidak hanya itu, jajaran pengurus An Nur Putri juga mengadakan beberapa perlombaan sebagai ganti ditiadakannya pawai hari santri di tahun ini. Perlombaan yang digelar antara lain lomba fashion show, Musabaqoh Hifdzil Qur’an 30 juz/5 juz/10 juz, lomba menulis cerpen dan opini, lomba kebersihan komplek dan pidato. Perlombaan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan public speaking serta meningkatkan kreatifitas para santri.

Perlombaan fashion show yang menjadi ‘gong’ dari semua perlombaan diadakan pada Kamis malam (21/10). Pada fashion show ini, santri putri dituntut untuk kreatif dengan membuat busana dengan barang bekas. Selain itu, setiap peserta diberi beberapa pertanyaan seputar santri, antara lain tentang Nahwu-Shorof, seputar Pondok Pesantren An-Nur, serta berita trending terkini.

Pada Jumat (22/10) pukul 07.30 WIB, seluruh santri siap dalam barisan mengikuti apel pagi di halaman kampus IIQ An Nur. Semua santri mengenakan outfit baju serba putih. Apel pagi ini juga dihadiri sebagian besar dewan dzuriyah Pondok Pesantren An Nur Ngrukem. Tidak lupa semua peserta apel menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker.

Dr. KH. Khoirun Niat, Lc. MA. selaku pembina apel menyampaikan amanat singkat mengenai arti dari kata “santri”.

“Sesuai namanya, santri iku kudu satu S sregep (rajin), dua A andhap asor (rendah hati), tiga N nrima (menerima apa adanya), empat T tabah, lima R rekoso (berani susah) lan enam I iso (bisa)”, tutur beliau.

Apel selesai, apel pagi ditutup dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dan “Ya Lal Wathon” yang diikuti oleh seluruh peserta apel. Tidak lupa pelantunan Asmaul Husna sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT.

“Senang sekali waktu pengumuman besok pagi ada apel, bisa ketemu santri komplek lain”, ungkap Shabrina salah seorang santri baru. Event hari santri 2021 merupakan hari spesial, karena kembali diizikannya mengadakan acara yang cukup besar dalam akhir masa pandemi ini. Hal ini disambut meriah dan antusias oleh para santri meskipun tidak ada pawai seperti tahun-tahun sebelum pandemi.

Setelah apel pagi, perlombaan di komplek Pusat Putri kembali dilaksanakan, yakni lomba MHQ dan pidato. “Selain bisa melihat banyaknya santri An Nur, saya juga merasa senang bisa ada rame-rame seperti ini, rasanya semua santri excited banget. Semoga tahun besok kegiatan di Hari Santri Nasional bisa ada pawai. Amin”, tutur Sabilah.

_______________

Oleh: Tim Annurngrukem.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here