Pojok Santri

7 Kiat Menjalani Ramadhan dengan Baik di Pesantren

 

Sobat Annur, tidak terasa ya kita kembali dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan di tahun ini. Bulan yang penuh keutamaan bagi umat Islam ini selalu dinanti-nanti dan merupakan momen sekali dalam setahun bagi pemeluk agama Islam untuk melaksanakan rukun Islam yang ketiga, yaitu puasa. Tidak lupa, di akhir bulan Ramadhan setiap muslim yang sanggup, diwajibkan untuk membayar zakat fitrah sebagai simbol menyucikan diri dan harta mereka.

Karena merupakan bulan mulia di mana banyak peristiwa bersejarah bagi umat Islam, maka sepatutnya kita menyiapkan diri dengan baik, baik itu sebelum, ketika, dan setelah Ramadhan usai. Jadikanlah momen Ramadhan tahun ini sebagai titik intropeksi diri dalam beribadah kepada-Nya.

Sebagai santri, tentu menjalani Ramadhan di Pesantren bukanlah hal mudah. Banyak hal yang perlu dilakukan agar menjalani Ramadhan dengan tak sia-sia. Apa aja ya? Nah, begini kiat menjalani Ramadhan di pesantren.

  1. Menguatkan niat dengan tulus

Segala hal baik sebaiknya diawali dengan niat yang baik pula. Niatkanlah untuk introspeksi diri dan mau memperbaiki diri dengan lebih lagi di bulan Ramadhan ini. Lakukan secara perlahan namun istiqomah agar menjadi kebiasaan yang baik meski bulan Ramadhan telah berlalu.

  1. Beribadah dengan konsisten

Bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk menaikkan level ibadah kita, baik itu ibadah kepada Allah maupun terhadap sesama manusia. Hal penting lainnya dari beribadah adalah terus konsisten dalam berusaha dan bersabar di setiap prosesnya. Semangat!!

  1. Mengoptimalkan waktu

Siapa di sini yang kalau puasa hawanya jadi malas ngapa-ngapain? Walaupun badan lemas dan perut mulai panas, kita harus tetap produktif ya Man-teman. Atur jadwal harian kalian dengan baik agar tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Pilih waktu yang pas untuk melakukan kegiatan kalian agar tidak terasa melelahkan dan membuang energi terlalu banyak.

  1. Menjaga Kesehatan badan
READ  Alasan Mengapa Santri Tidak Pulang Saat Liburan

Nahh, ini nih yang sering dianggap sepele sama kebanyakan orang. Menjaga kesehatan itu penting banget lho, Sobat. Apalagi sekarang cuacanya sering tidak menentu, kadang hujan, kadang panas, kadang galau, eh. Sering minum air putih setelah berbuka dan tarawih akan sangat membantu ketika besok berpuasa. Jangan sampai dehidrasi ya!

  1. Menjaga akhlak dan hati

Selain menahan lapar dan haus, kita juga harus menjaga diri kita dari hal-hal yang tidak sesuai syariat. Baik itu menahan mulut, tangan, dan kaki kita melakukan apa yang tidak disukai oleh Allah. Jangan malah menjadi setannya ya Man-teman.

  1. Berbagi dengan sesama

Berbagi takjil dan jajan dengan teman dapat membuat suasana Ramadhan menjadi lebih indah dan bermakna. Jika dikirimi lauk oleh orang tua jangan sungkan untuk menawari yang lain agar ikut makan bersama. Yuk, mulai berbagi dengan hal yang kecil untuk sekitarmu.

  1. Mengelola jam istirahat dalam sehari

Last but least, di tengah padatnya jadwal mengaji, atur jadwal tidurmu dengan baik ya. Jangan sampai besok lelah dan membuat badan lemas saat berpuasa. Tetap tidur malam dengan cukup agar ibadah yang lain juga maksimal. Jaga kesehatan semua.

Itulah beberapa tips menjadikan Ramadhan kalian lebih berkesan dan bermakna. Tetap jaga kesehatan dan terus semangat berkegiatan Sobat semua. Ibadah berkualitas, Ramadhan berkelas!

Shabrina

Santri Annur yang suka mencoba hal baru tapi mood suka labil Upside Down World. Suka jajan, nonton, baca, dan dengerin lagu. Kenalan lebih jauh bisa hubungi lewat medsosnya♡

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
Hai, ada yang bisa saya bantu??