Kategori
Berita

Komplek Attariq Gelar Lomba 17 Agustus Tiga Pekan

www.annurngrukem.com – 17 Augutus 2021 adalah hari dimana seluruh rakyat Indonesia merayakan hari ulang tahun kemerdekaan yang ke-76. Berbagai rangkaian acara diselenggarakan di setiap tempat, dengan mengusung tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Namun, sejak adanya pandemi Covid-19, semua kegiatan masyarakat di seluruh penjuru dunia mengalami perubahan. Mulai dari pendidikan, ekonomi, upacara adat hingga pernikahan.

Segala jenis kegiatan saat ini, bukan lagi mengandalkan pertemuan secara langsung di tempat, melainkan berpindah ke dunia maya. Seakan seluruh kegiatan-kegiatan berganti dari faktual menjadi virtual.

Namun hal ini sedikit berbeda dengan lingkungan pesantren. Meski masih dalam rengkuhan pandemi Covid-19 yang mengakibatkan beberapa perubahan, Namun kegiatan tetap berjalan dengan normal. Hanya saja dalam setiap kegiatan wajib menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari kegiatan ngaji al-Qur’an, ngaji kitab, mujahadah hingga KBM.

Tidak terkecuali santri asrama santri MI Al Ma’had An Nur atau biasa disebut Komplek Attariq. Sebagai santri Indonesia sejati, para santri Attariq ikut berpartisipasi dalam menyambut dan memeriahkan HUT Kemerdekaan Ke-76 Republik Indonesia.

Sebagai tanda cinta kepada Bumi Pertiwi, pada tanggal 17 Agustus 2021 disambut dengan penuh suka cita dan kegembiraan. Hal ini dibuktikan dengan diadakannya serangkaian acara perlombaan jauh sebelum hari H tiba.

“Alhamdulillah, komplek Attariq sudah melakukan start lebih awal dari komplek lainnya. Alas an kami memulainya lebih awal adalah karena komplek Attariq berisi anak-anak usia MI jadi harus dipersiapkan dengan matang. Selain itu juga ada beberapa perlombaan yang membutuhkan waktu ekstra”, ucap Ustadz Luthfi Nur Muchammad selaku penanggung jawab kegiatan perlombaan.

Kegiatan perlombaan dimulai hari Ahad, 1 Agustus 2021 dan berakhir ahad 15 Agustus 2021. Rangkaian lomba dilaksanakan setiap hari ahad saja dikarenakan hanya di hari tersebut kegiatan ngaji dan belajar diliburkan. Perlombaan berjalan selama 3 pekan, dengan 5 cabang lomba.

Perlombaan yang diadakan terdiri dari lomba makan kerupuk, estafet kelereng, balap karung, memasukkan benang ke jarum dan terakhir lomba estafet bendera yang diselenggarakan bersama dengan panitia guru MI Al Ma’had An Nur.

Lomba di pekan pertama adalah lomba estafet kelereng. Dalam lomba ini diambil dua juara yaitu juara 1 & 2 dari dua kategori, yakni kategori kelas bawah (kelas 1, 2, 3) dan kelas atas (kelas 4, 5, 6).

Di pekan kedua diadakan lomba makan kerupuk. Pada lomba ini terdapat perbedaan dengan lomba makan krupuk biasanya. Umumnya, lomba makan krupuk dilakukan dengan berdiri, namun yang dilakukan di komplek Attariq lomba makan krupuknya dengan duduk di kursi. Hal ini sengaja direncanakan oleh panitia agar tradisi adap dan sopan santun seorang santri tetap terjaga.

Kemudian di pekan ke 3 yakni pekan terakhir adalah lomba balap karung bagi santri putra dan memasukkan benang kedalam jarung bagi santri putri. Ditambahan lomba estafet bendera dari MI Al Ma’had An Nur sebagai lomba terakhir.

Dari awal hingga akhir perlombaan para santri terlihat sangat antusias. Binar wajah keceriaan santri terlihat berseri, semangat kekompakan panitia terjalin rapi. Hal tersebut terbukti dalam tayangan live streaming dan video dokumentasi yang diunggah di channel youtube komplekattariq.Acara pekan ke tiga diakhiri dengan pembagian bingkisan jajan dari pihak MI Al Ma’had An Nur untuk seluruh santri dan santriwati.

Rangkaian acara ditutup dengan upacara bendera pada hari selasa, 17 Agustus 2021. Upacara bendera yang diikuti oleh seluruh santri dan pengurus berjalan begitu khidmah. Petugas upacara diambil dari siswa-siswi kelas 6, dengan dikomandani oleh Mas Muhammad Nur Faizul Mubarok dan Ustadz Miftahul Ashbah sebagai pemimpin inspektur upacara. Dalam amanat pembina upacara Ustadz Miftahul Ashbah menyampaikan “sebagai generasi muda kita harus meneruskan kemerdekaan para pejuang, yaitu sebagai santri harus rajin mengaji dan berbakti”. Upacara ditutup dengan berdoa bersama memohon agar negeri Indonesia segera sembuh dari pandemic Covid-19. Merdeka Indonesiaku, “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

Oleh kangbachti

Santri Pondok Pesantren An Nur Ngrukem Bantul. Bagian Pelayan anak-anak di Asrama MI Al Ma’had An Nur. Penikmat kata, foto, dan video.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *