Berita

Pembukaan Kegiatan Pesantren Pasca Libur Ramadhan

www.annurngrukem.com – Libur telah usai, dan kini waktu kembali ke pesantren sudah mencapai masanya. Setelah berlibur selama satu bulan, kini sudah tiba saatnya para santri kembali menuntut ilmu di pesantren.

Selasa (9/5) Pondok Pesantren An Nur Ngrukem melaksanakan acara pembukaan kegiatan pasca liburan Ramadhan. Acara ini diselenggarakan di aula lantai 3 putra yang dihadiri oleh seluruh santri putra dan santri putri komplek Pusat. Acara dimulai setelah jamaah salat Isya.

Acara diawali dengan pembacaan Maulid Al-Barzanji yang dipimpin oleh ketua Pondok Pesantren An Nur, Ust. Muhammad Arwani dan diiringi oleh tim hadroh Putra Pusat. Pembacaan Maulid Al-Barzanji ditutup dengan doa Maulid Al-Barzanji yang dipimpin oleh K.H. Muslim Nawawi.

Setelah pembacaan Maulid Al Barzanji dan doa, ketua Pondok Pesantren An Nur, ust. Muhammad Arwani mewakili seluruh santri putra dan putri menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran dzuriyah Pondok Pesantren An Nur yang diwakili oleh Bapak K.H. Muslim Nawawi.

Lalu Muhammad Arwani memohon ridlo kepada para masyayikh dan keluarga besar Pondok Pesantren An Nur, meminta doa semoga apa yang diusahakan santri An Nur semoga memberikan hasil sehingga bisa menjadi santri yang berprestasi di bidang akademik maupun non akademik.

“Kepareng matur dhumateng Bapak K.H. Muslim Nawawi kaliyan keluargi ageng Pondok Pesantren An Nur, sepindah ngaturaken silaturahmi, kaping kalihipun dalem kaliyan kanca-kanca santri mbok bilih, kathah kekirangan kathah kekhilafan, katah kelepatan ingkang lahir, ingkang batos, nyuwun agunging pangapunten. Ingkang ongko tiga, dalem kalih kanca santri tansah nyuwun ridhonipun dhateng para masyayikh kaliyan keluargi ageng Pondok Pesantren An Nur saha nyuwun tambah doanipun mugi-mugi, sedanten pinaringan hasil maksud, mugi-mugi santri An Nuur menjadi santri yang berpreatasi baik secara akademik maupun non akademik,” Ucap ust. Muhammad Arwani dengan bahasa Jawa krama.

READ  Pembukaan Kegiatan Ramadhan Fil Ma’had 1445 H: Sebagai Sarana Tafaqquh Fiddin

Sebelum menjawab apa yang disampaikan ketua Pondok Pesantren An Nur, Bapak K.H. Muslim Nawawi mengucapkan selamat datang kepada seluruh santri di Pondok Pesantren An Nur.

Lalu K.H. Muslim menjawab apa yang disampaikan Ketua Pondok Pesantren An Nur juga dengan ucapan selamat lebaran, dan permohonan maaf mewakili seluruh bani Nawawi kepada seluruh santri.

“InsyaAllah nek sampean njaluk ngapura, wis tak ngapura. Tapi nek njaluk THR, aku sek njaluk ngapura,” Kata Bapak K.H. Muslim diaambut dengan tawa seluruh santri.

Selanjutnya K.H. Muslim Nawawi menyampaikan bahwa bulan Syawal merupakan bulan dengan penuh peningkatan, maka ada macam 3 doa yang harus senantiasa dibaca setelah selesai bulan Ramadhan.

Pertama, Doa agar ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Sebagaimana doa ini telah diajarkan oleh Nabi Ibrahim A.S. Nabi Ibrahim A.S mengajarkan doa agar amal ibadah dan taubat umat Islam diterima Allah SWT.

Doanya adalah sebagai berikut ini;

رَبَّنَا تَقبَّلْ مِنَّا ِإنَّكَ َأنتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ رَبَّنَا وَاجْعَلنَا مُسْلِمَيْ ِ ن َلكَ وَمِن ُذرِّيَّتِنَا أُمًة مُّسْلِمًة لَّكَ وَأ ِ رنَا مَنَاسِ َ كنَا وَتُبْ عَليْنَآ ِإنَّكَ َأنتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

 Artinya: “Ya Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui. Ya Tuhan kami, jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada-Mu, dan anak cucu kami (juga) umat yang berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah  kami, dan terimalah taubat kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.” (QS. Al Baqarah: 127-128)

Kedua, berdoa agar semoga kita diberi panjang umur bisa berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan di tahun yang akan datang.

Ketiga, berdoa agar semoga kita semua diberikan keistiqomahan dalam menjalankan ibadah.

READ  Khatamkan 212 Al-Qur’an Menuju Haul Ke-83 KH. M. Munawwir

Selain 3 doa yang wajib diamalkan tersebut, bapak K.H. Muslim juga berpesan agar selalu tertib dalam melaksanakan shalat, dan jangan lupa melaksanakan shalat sunnah. Apalagi salat sunnah rowatib, qobliyah subuh, dan shalat witir yang sudah dilaksanakan dengan rutin di bulan Ramadhan lalu setelah shalat tarawih.

Setelah itu, dengan mengucap basmalah, seluruh rangkaian kegiatan Pondok Pesantren An Nur resmi dibuka.

Muhammad Ulinnuha

Santri Pondok Pesantren An Nur Bantul. Hobi membaca, menulis, dan menyapu halaman.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
Hai, ada yang bisa saya bantu??