Esai

Menguak Eksistensi Sang Nabi Misterius

 

  • Judul Buku : Mistik & Makrifat Nabi Khidir A.S
  • Penulis Buku : Heri Kurniawan Tajdid
  • Penerbit Buku : Araska Publisher
  • Tahun Terbit : 2019
  • Kota Terbit : D.I.Yogyakarta
  • Kategori Buku : Non Fiksi, Religion & Spirituality
  • Jumlah Halaman: 252 Halaman
  • Nomor ISBN : 978-602-5805-90-5

 

Begitu mendengar namanya saja, sudah membuat kita tergugah untuk mengetahui seluk-beluk tentangnya. Nabi Khidir A.S memang bukan termasuk dalam kumpulan 25 Nabi yang wait diimani, namun karena keistimewaan beliau dan keluasan ilmunya maka beliau sering dijadikan obrolan yang menarik untuk dibahas.

Tak hanya itu, beliau juga memiliki kemampuan menyamar untuk menemui beberapa orang tertentu. Kemampuan ini hanya bisa disadari oleh orang-orang yang sudah memiliki ilmu dan tingkat kealiman yang tinggi.

Penulis sendiri yaitu Heri Kurniawan Tajdid menulis buku tentang Nabi Khidir dengan menceritakan beberapa pertanyaan tentang asal-usul hingga keberadaannya yang terus dicari hingga saat ini.

Buku ini terdiri dari 4 bagian utama. Bagian yang pertama menjelaskan tentang sosok Nabi Khidir sendiri dan fakta-fakta kebenaran tentang beliau. Dalam bagian ini kita juga diajak untuk berlogika apakah Nabi Khidir masih hidup atau tidak dengan didasarkan beberapa pendapat ulama yang telah dituliskan dalam buku ini.

Di bagian kedua, buku ini menjelaskan tentang mistisisme Nabi Khidir. Bagian ini menjelaskan tentang bagaimana kita meyakini tentang keberadaan Nabi Khidir walaupun sebelumnya kita belum pernah bertemu beliau atau bahkan kita secara tidak sadar pernah bertemu beliau namun kita yang tidak mengetahuinya.

Hal itu dikarenakan beliau jarang menampakkan wajah asli beliau dan lebih suka menyamar untuk bertemu dengan beberapa orang bahkan memberikan beberapa nasihat bermakna kepada mereka yang ditemuinya.

Di bagian ketiga, buku ini menjelaskan tentang makrifat Nabi Khidir. Bagian ini menuliskan bahwa beliau telah mencapai ilmu makrifat, yaitu tingkatan ilmu paling tinggi dalam kajian bidang tasawuf sehingga beliau telah terbuka kasyafnya dan dapat mengetahui suatu peristiwa sebelum peristiwa tersebut akan terjadi.

READ  Penutupan Akhir Tahun Pondok Pesantren An Nur

Hal ini biasa dinamakan ilmu laduni. Ilmu tersebut merupakan ilmu yang beliau tekuni sehingga menjadikan beliau terkenal akan sebutannya yaitu Nabi Pemilik Ilmu Laduni.

Di bagian terakhir, buku ini menjelaskan tentang kisah perjalanan hidup Nabi Khidir yang berisikan beberapa kumpulan cerita pertemuan beliau dengan beberapa ulama dan orang terpilih. Kumpulan cerita yang ada dalam buku ini mengandung banyak sekali nasihat yang dapat kita ambil hikmah pembelajarannya.

Kita juga diajari untuk lebih berhati-hati dalam bersikap karena jika dikaitkan dengan buku ini, kita tidak akan pernah tahu kapan bisa dipertemukan oleh Nabi Khidir. Mungkin bisa saja kita juga pernah dipertemukan, namun tidak sadar akan hal itu. Oleh karenanya, pelajarilah beberapa isyarat yang menandakan orang tersebut adalah Nabi Khidir melalui buku ini.

Dilihat dari keunggulannya, buku ini sudah bagus sekali dalam menyajikan beberapa fakta tentang Nabi Khidir. Buku ini juga menyebutkan banyak sekali pendapat dari beberapa ulama yang tentunya semakin meyakinkan para pembaca akan keberadaan nabi misterius ini.

Dari beberapa pendapat yang telah diulas dalam buku ini, semuanya akan menimbulkan beberapa pertanyaan yang tak akan habis  untuk dicari lagi kebenarannya. Sedangkan dilihat dari kelemahannya, buku ini hanya ada sedikit koreksi di bagian belakang cover buku yang berisi sinopsis. Sinopsis yang ada pada buku ini kurang sinkron atau tidak relevan dengan isinya. Karena di bagian sinopsis menuliskan tentang cerita Dajjal serta Ya’juj Ma’juj. Sedangkan keseluruhan isi buku ini bercerita tentang Nabi Khidir.

Sehingga ada tidak begitu relevan antara judul buku dengan sinopsisnya. Walaupun  memang keseluruhan isi buku sudah benar menceritakan tentang seluk-beluk Nabi Khidir sesuai dengan judul yang dibawakannya.

READ  Menjelang Ramadhan: Siapkan Lima Poin Penting Ini

Buku ini sangat direkomendasikan sekali bagi para pembaca yang ingin mengetahui sosok Nabi yang terkenal misterius. Buku ini juga tidak memiliki isi yang negatif bagi para pembaca sehingga dapat dibaca oleh semua rentang usia dan tentunya sarat akan ibroh pembelajaran di dalamnya.

 

 

 

 

Zahra Alya

Santri Putri yang suka tilawah, sholawatan dan punya cita-cita jadi Wonderwomen

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
Hai, ada yang bisa saya bantu??