Berita

Kampung Satwa Goes To MI An Nur

www.annurngrukem.com – Sabtu (5/11) Komite Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Ma’had An Nur mengadakan acara Kampung Satwa Goes to MI An Nur. Acara ini diikuti bapak-ibu guru dan para mahasiswa PPL KKN Integratif Kelompok 38 UIN Sunan Kalijaga. Tema yang diusung adalah “Ngaji Satwa Bareng Kang Hanif” dari Sumberagung, Moyudan, Sleman.

Acara ini digelar dalam rangka Hari Cinta Puspa dan Satwa. Pelaksanaan acara tersebut di Pendopo Kampung Juron, yang tidak jauh dari MI Al Ma’had An Nur kampus 2. Acara terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama jam 10.00 – 11.30 WIB untuk kelas 1-3 laju dan asrama. Kemudian sesi kedua dimulai jam 12.30-14.30 WIB untuk kelas 4-6 laju dan asrama.

Tampak anak-anak sangat antusias dan gembira mengikuti acara dari awal hingga usai. Rasa ingin tahu mereka luar biasa. Acara ini juga menjadi obat kesepian atau kejenuhan terutama bagi anak-anak yang tinggal di asrama. Suasana bertambah ramai ketika ular Piton  “Sowo Kembang” berukuran besar, panjang, dan bewarna kuning dikeluarkan dari kandangnya.

Menurut Fauzi Abdurahman, selaku Ketua Komite MI Al Ma’had An Nur, tujuan  mengadakan acara ini adalah untuk mengenalkan beragam binatang berikut habitatnya masing-masing kepada anak-anak. Harapannya, mereka menjadi mengerti dan paham cara memperlakukan binatang. Beliau juga berpesan kepada para orang tua untuk mengajak anak-anak untuk peduli dan mencintai lingkungan serta satwa di habitat hidupnya.

Di dalam sesi kedua ini, anak-anak diajak untuk mengamati binatang-binatang tersebut dan juga memperhatikan penjelasan dari narasumber. Tidak berhenti di situ, setelah itu hasil pengamatan tersebut diisikan dalam lembar kerja siswa.

Kegiatan pengenalan satwa dan lingkungan kepada anak-anak sangatlah penting. Besar harapannya, agar dalam diri setiap anak-anak lahir dan tumbuh kecintaan untuk peduli dengan alam dan satwa, saling menyayangi makhluk ciptaan Tuhan.

READ  Milad Ke-4 Majelis Maulid Nurun Nawawi

____________________________________________

– Muh Koyim

annurngrukem

Admin website. Pengurus Pondok Pesantren An Nur. Departemen Multimedia Bidang Informasi dan Teknologi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
Hai, ada yang bisa saya bantu??