Jumat, Mei 14, 2021
No menu items!
Beranda Artikel Memilih untuk Kembali

Memilih untuk Kembali

Dari pesantren aku belajar, untuk pesantren aku mengajar.Sungguh, betapa banyaknya pengalaman indah di pesantren. Sebuah tempat istimewa bagi para penuntut ilmu. Setiap harinya santri-santri (murid) diberi pemahaman mengenai ajaran Islam.

Mulai tingkat yang paling dasar, sampai tingkatan atas yang bisa terus berproses. Kyai-nyai (guru-guru) tidak hanya sebatas mengajar, tetapi lebih dari itu. Beliau-beliau memiliki kemampuan untuk membimbing; mendampingi/membina santri selama tholabul ‘ilmi (menuntut ilmu) di pesantren.

Pagi-siang-sore-malam merupakan waktu berlangsungnya majelis ilmu. Artinya, hampir setiap saat terjadi perjumpaan antara guru dan murid. Pada sisi inilah yang kemudian menghadirkan “keakraban” tersendiri.Pernyataan; “Dari pesantren aku belajar, untuk pesantren aku mengajar” dimaksud untuk mewakili bentuk jalinan silaturahmi yang lahir dari sanubari sebagai santri.

Terlebih dengan adanya slogan; “kapan pun, dan dimana pun tetap santri”, menghadirkan rasa haru yang mendalam. Sepakat atau tidak mengenai hal ini tentu pembaca yang budiman bebas menentukan (pastinya saya termasuk yang sepakat). Monggomawon, selagi belum ada undang-undang yang mengaturnya, hehe.. ..Sulit untuk menjelaskan, tetapi sepertinya memang ada faktor x yang menggerakkan hati untuk “hidup” di alam pesantren.

Terbukti dengan mengambil keputusan kembali ke pesantren, sesuatu yang selama ini terasa “hilang” lantas kembali “ada”. Betapa rasa memang sulit dijelaskan. (TOP’99)

Bahrul Amiq
Bahrul Amiq
Who iam i? Orang tanah sebrang yang sedang ingin menjadi orang di tanah Jogja. Hobi menjelajah alam, dan disini hanya sebagi admin dan tukang posting. Klik Icon kecil dibawah ya...!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Mengenal Tangga Menggapai Taufik

www.annurngrukem.com - Di berbagai kalangan pesantren sudah sering kita temui kajian kitab yang begitu fenomenal “Sullamut Taufiq” karya Syekh Abdullah bin Al-Husain...

Mengenal Ilmu Tauhid dalam Kitab Idhoatul Dujannah

www.annurngrukem.com - Tauhid secara singkatnya adalah mengesakan Allah SWT yang disebut dalam syahadatain yang kalimatnya terdiri atas dua bagian. Pertama, syahadat tauhid...

Penutupan Kegiatan dan Libur Lebaran 1442 H

www.annurngrukem.com - Rabu (27/4) Pondok Pesantren An Nur Ngrukem menggelar acara Peringatan Nuzul al-Qur’an sekaligus menutup rangkaian kegiatan Ramadan yang diikuti oleh seluruh santri...

Pengumuman Liburan Idul Fitri 1442 H

Sesuai surat edaran Pondok Pesantren An Nur dengan nomor 024/SP/PH-PPA/IV/2021 pada tanggal 28 April 2021 seluruh santri An Nur akan belajar di rumah...

Recent Comments

Rini Dwi Hastuti on Pojok Santri#6 (Pelayan Surga)
Muhammad Rofiq Aulawi on Masih Manusiakah Kita?
annur ngrukem on Penarikan Santri Tahap Dua
annur ngrukem on Penarikan Santri Tahap Dua
annur ngrukem on Cinta Raisa #3
fuad Rosyid on Kegiatan Harian
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
error: Ups, tidak boleh main copy paste ya! Izin dulu sama Admin annurngrukem.com, donk..!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
👋 Hai, ada yang bisa saya bantu??