Minggu, September 19, 2021
No menu items!
Beranda Artikel Memilih untuk Kembali

Memilih untuk Kembali

Dari pesantren aku belajar, untuk pesantren aku mengajar.Sungguh, betapa banyaknya pengalaman indah di pesantren. Sebuah tempat istimewa bagi para penuntut ilmu. Setiap harinya santri-santri (murid) diberi pemahaman mengenai ajaran Islam.

Mulai tingkat yang paling dasar, sampai tingkatan atas yang bisa terus berproses. Kyai-nyai (guru-guru) tidak hanya sebatas mengajar, tetapi lebih dari itu. Beliau-beliau memiliki kemampuan untuk membimbing; mendampingi/membina santri selama tholabul ‘ilmi (menuntut ilmu) di pesantren.

Pagi-siang-sore-malam merupakan waktu berlangsungnya majelis ilmu. Artinya, hampir setiap saat terjadi perjumpaan antara guru dan murid. Pada sisi inilah yang kemudian menghadirkan “keakraban” tersendiri.Pernyataan; “Dari pesantren aku belajar, untuk pesantren aku mengajar” dimaksud untuk mewakili bentuk jalinan silaturahmi yang lahir dari sanubari sebagai santri.

Terlebih dengan adanya slogan; “kapan pun, dan dimana pun tetap santri”, menghadirkan rasa haru yang mendalam. Sepakat atau tidak mengenai hal ini tentu pembaca yang budiman bebas menentukan (pastinya saya termasuk yang sepakat). Monggomawon, selagi belum ada undang-undang yang mengaturnya, hehe.. ..Sulit untuk menjelaskan, tetapi sepertinya memang ada faktor x yang menggerakkan hati untuk “hidup” di alam pesantren.

Terbukti dengan mengambil keputusan kembali ke pesantren, sesuatu yang selama ini terasa “hilang” lantas kembali “ada”. Betapa rasa memang sulit dijelaskan. (TOP’99)

Bahrul Amiq
Who iam i? Orang tanah sebrang yang sedang ingin menjadi orang di tanah Jogja. Hobi menjelajah alam, dan disini hanya sebagi admin dan tukang posting. Klik Icon kecil dibawah ya...!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

WASPADA! 3 Hal Ini Dapat Membuatmu Murtad!

www.annurngrukem.com - Wajib bagi seluruh umat muslim menjaga dan memelihara keislamannya dari hal-hal yang dapat merusak, membatalkan atau memutuskan dari keislamannya. Dalam...

Maksiat Hati: Manusia Wajib Jauhi Ini

www.annurngrukem.com – Maksiat dapat bermakna perbuatan dosa, buruk atau tercela. Umat muslim kerap memaknai maksiat sebagai perbuatan yang melanggar perintah Allah. Di...

Vaksin Untuk Jaga Kyai: 1.614 Santri Ikuti Vaksinasi Massal

www.annurngrukem.com – Dampak adanya pandemi Covid-19 di tahun 2021 cukup meresahkan. Dari tahun 2020 hingga saat ini, korban terdampak Covid-19 masih saja...

Lomba di Komplek Nurul Huda dan Maghfiroh Berlangsung Meriah dan Unik

www.annurngrukem.com - Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pondok Pesantren An Nur Komplek Nurul Huda dan Maghfiroh mengadakan...

Recent Comments

Rini Dwi Hastuti on Pojok Santri#6 (Pelayan Surga)
Muhammad Rofiq Aulawi on Masih Manusiakah Kita?
annur ngrukem on Penarikan Santri Tahap Dua
annur ngrukem on Penarikan Santri Tahap Dua
annur ngrukem on Cinta Raisa #3
fuad Rosyid on Kegiatan Harian
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
error: Ups, tidak boleh main copy paste ya! Izin dulu sama Admin annurngrukem.com, donk..!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
? Hai, ada yang bisa saya bantu??