Berita

Menuju Madrasah Ramah HAM

www.annurngrukem.com – AKHBAR MISALMANBA- Momen tahun ajaran 2020-2021 memang terasa berbeda dan istimewa. Bukan hanya masalah Covid-19 yang mensyaratkan Adaptasi Kebiasaan Baru (New Norm) termasuk teknis Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), namun ada yang lebih bagi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Ma’had An Nur.

Tidak lain tidak bukan yaitu kesepakatan untuk menjadikan tahun 2020-2021 sebagai tahun infrastruktur, perbaikan dalam segala bidang dan kolaborasi. Salah satu program yang dirancang adalah program Madrasah Ramah HAM. Program ini dirasa baru dan belum pernah ada di Indonesia, diinisiasi oleh Rumah Kearifan Bantul. 

Sebagai tahap awal, madrasah melaksanakan seminar Madrasah Ramah HAM yang diikuti oleh seluruh guru, tenaga kependidikan dan guru tahfizh dengan didampingi oleh Dr. H. Muqowim, M.Ag, inisiator program ini. Beliau adalah Trainer Nasional Living Values dan Dosen di UIN Sunan Kalijaga.

Seminar Madrasah Ramah HAM yang dilaksanakan pada Kamis (8/10) lalu, diikuti oleh peserta dengan antusias dan semangat serta tentu dengan penerapan protokol Covid-19. Waktu pelaksanaan seminar yang cukup panjang mulai pagi hingga sore hari, seakan tidak terasa dan tetap diikuti dengan baik oleh peserta.

Gelak tawa terkadang terdengar dari aula serbaguna MI Al Ma’had An Nur. Bapak Muqowim menekankan pentingnya menumbuhkan kembali ruh pendidikan, mewujudkan pendidikan yang lebih ramah, menyenangkan dan sesuai dengan prinsip HAM.

Peserta yang merupakan pengelola madrasah dibimbing untuk memahami prinsip HAM dalam pembelajaran dan menyusun Nilai Inti (Core Values) untuk dijadikan Re-Branding Madrasah di waktu yang lain.

Pada sela-sela seminar, Bapak Muqowim mempunyai keyakinan bahwa MI Al Ma’had An Nur akan menjadi madrasah rintisan dan model pengembangan Madrasah Ramah HAM di Yogyakarta bahkan di Indonesia.

READ  Libur Semester Ganjil Berlaku Hanya Jawa Saja

Selain itu ada yang menarik dari kegiatan ini, yaitu selain diselenggarakan dengan protokol Covid-19, juga adanya komitmen ramah lingkungan seperti membawa wadah minum sendiri, meminimalisir sampah plastik dan lain sebagainya. Semoga Pengelola MI Al Ma’had An Nur diberikan kekuatan untuk bisa mewujudkan Madrasah Ramah HAM sebagai upaya menjadi Madrasah Hebat Bermartabat. (Red)

annurngrukem

Admin website. Pengurus Pondok Pesantren An Nur. Departemen Multimedia Bidang Informasi dan Teknologi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
Hai, ada yang bisa saya bantu??