Selasa, Maret 2, 2021
No menu items!
Beranda Berita Para Siswa MA Al Ma'had An Nur Mengikuti PAS di Pesantren

Para Siswa MA Al Ma’had An Nur Mengikuti PAS di Pesantren

www.annurngrukem.com – Senin (21/12), seluruh siswa Madrasah Aliyah (MA) Al Ma’had An Nur mengikuti Penilaian Akhir Semester (PAS). Pelaksanaan PAS MA Al Ma’had An Nur berada di lingkup pesantren, yakni di komplek masing-masing. PAS dilaksanakan mulai Senin (21/12) hingga selesai pada Selasa (29/12) mendatang, selang seminggu setelah PAS MTs Al Ma’had An Nur selesai dilaksanakan.

Adapun teknis pelaksanaan PAS MA Al Ma’had An Nur masih sama dengan teknis pelaksanaan PAS MTs Al Ma’had An Nur Minggu lalu. Sebab, situasi dan kondisi belum memungkinkan melaksanakan PAS di madrasah, jadi PAS dilaksanakan di pesantren. Para siswa pun wajib mengikuti PAS dengan aturan Satgas Covid-19; memakai masker dan telah cuci tangan sebelum memasuki ruang PAS.

Para pengurus bidang pendidikan mendampingi para siswa selama PAS berlangsung. Pengurus bertugas menggantikan posisi guru madrasah, mulai dari membagi soal, mengawasi tes, hingga menyetor hasil PAS ke pihak madrasah. PAS berlangsung setiap harinya mulai pukul 08.00 hingga berakhir pada pukul 11.00.

Di komplek putra pusat, para siswa kelas 10 MA melaksanakan PAS di musala, sedangkan kelas 11 MA berada di aula lantai 3, dan untuk kelas 12 menempati pendopo. Para siswa mengerjakan tiga mata pelajaran setiap harinya. Per mata pelajaran memiliki durasi 60 menit. Ada 133 siswa MA yang mengikuti PAS di komplek pusat.

Sedangkan di komplek pusat putri, ada sekitar 170 siswi hadir mengikuti PAS. Ruangan PAS pun dibagi sesuai tingkatan kelas madrasah. Kelas 10 MA berada di aula lantai 3. Musala dipakai untuk siswi kelas 11 MA. Adapun siswi kelas 12 menempati ruangan aula Aziziyah. Dan untuk komplek cabang, komplek Khodijah terdapat 38 siswi, yang melaksanakan PAS.

Lalu komplek Maghfiroh, ada sebanyak 125 siswi sedang mengikuti PAS. Komplek Maghfiroh menggunakan empat ruangan khusus PAS ini, meliputi: musala tahfiz, kamar tahfiz, musala lantai tiga, serta musala lantai dua. Sedangkan komplek sebelahnya, komplek Nurul Huda, ada sebanyak 17 siswa MA Al Ma’had An Nur yang mengikuti PAS.

Meski di tengah pandemi covid-19, para siswa sungguh-sungguh dalam mengerjakan soal PAS. Para siswa mengerjakan soal dengan cara duduk lesehan. Setiap siswa diberi jarak satu meter dengan siswa lainnya. Tujuannya, agar para siswa tidak melihat jawaban teman sebelahnya, dan untuk menjaga jarak sebagaimana anjuran pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19.

Selain metode luring, PAS juga dilaksanakan secara daring. Sebab, ada beberapa siswa yang masih berada di rumah, belum kembali ke pesantren. Bagi siswa yang masih di rumah, teknis PAS diserahkan kepada guru pengampu. Media penilaian daring menggunakan Google Classroom. Waktu dan mata pelajaran pun sama dengan para siswa yang mengerjakan di pesantren, sebagaimana jadwal yang telah dibuat pihak madrasah.

Menurut Akmal, salah satu pengurus bidang pendidikan, antusias para siswa dalam mengikuti PAS patut diberi apresiasi. Sebab, para siswa tetap semangat dan sungguh-sungguh dalam mengikuti PAS, meski PAS kali ini masih dalam situasi di tengah pandemi Covid-19. Di mana para siswa belajar hanya melalui materi yang diberikan tanpa tatap muka dengan gurunya.

Setelah PAS selesai, pengurus akan menyerahkan berkas kepada pihak madrasah. Selanjutnya, hasil akan diolah dan dianalisis oleh guru. Yang selanjutnya akan digunakan untuk pengisian rapor, untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa. Sehingga guru juga bisa mengevaluasi metode pembejarannya.

Di MA Al Ma’had An Nur, ada tiga jurusan favorit para siswa. Ketiganya adalah IPA, IPS, dan Keagamaan. Dengan sedikitnya ada 21 mata pelajaran di setiap jurusannya. Tentu, mata pelajaran kepesantrenan ada di setiap jurusan, bukan hanya di jurusan Keagamaan saja. Dengan begitu, pendidikan karakter kepada anak bangsa akan tercapai.

IDU AHM
IDU AHMhttp://www.ahmadsangidu.blogspot.com
Santri Pondok Pesantren An Nur Ngrukem Bantul. Pekerja Teks Komersial. Baca tulisannya di rahma.id, bangkitmedia.com, dan lainnya. Anggota komunitas online Rumah Membaca Indonesia. Kontak dengannya bisa melalui

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Fortasi Putra: Bersyukur Bisa Menjadi Santri

www.annurngrukem.com - Forum Ta’aruf Santri atau biasa disingkat Fortasi, adalah acara yang digelar Pondok Pesantren An Nur Ngrukem setiap tahunnya. Pelaksanaan acara...

Pojok Santri#6 (Pelayan Surga)

“Qola Jibril ‘alaihi Al Salam: Yaa Muhammad, ‘Isy Maa Syi’ta Fainnaka Mayyitun, Wa Ahbib Man Syi’ta Fainnaka Mufariqun, Wa’mal Maa Syi’ta Fainnaka...

Haul Ke-10 Ny Hj Walidah Moenawwir: Biografi dan Manaqib Singkat

www.annurngrukem.com - Haul adalah kegiatan rutin tahunan yang dilakukan untuk memperingati wafatnya seseorang yang telah berjasa. Selain untuk mengingatkan kita pada kematian,...

Bulan Rajab Waktu yang Tepat Memperbanyak Ibadah Istigfar

www.annurngrukem.com - Bulan Rajab merupakan salah satu bulan mulia yang terletak pada bulan ketujuh dalam kalender Hijriah. Tanggal 1 Rajab 1442 H...

Recent Comments

Rini Dwi Hastuti on Pojok Santri#6 (Pelayan Surga)
Muhammad Rofiq Aulawi on Masih Manusiakah Kita?
annur ngrukem on Penarikan Santri Tahap Dua
annur ngrukem on Penarikan Santri Tahap Dua
annur ngrukem on Cinta Raisa #3
fuad Rosyid on Kegiatan Harian
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
👋 Hai, ada yang bisa saya bantu??