Berita

Peringatan Isra Mi’raj di Komplek Al-Maghfiroh

www.annurngrukem.com – Jumat (25/02) Pondok Pesantren An Nur Komplek Al-Maghfiroh menyelenggarakan shalawat bersama Raskagratama dalam rangka memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Raskagratama ialah nama angkatan dari santri kelas 12 Madrasah Aliyah (MA) Al Ma’had An Nur. Yang kali ini, mereka bertugas sebagai panitia pelaksaan peringatan Isra Mi’raj.

Acara ini dimulai pukul 20.00 WIB bertempat di mushala lantai dua Komplek Al-Maghfiroh. Tahun ini, peringatan Isra Mi’raj digelar dengan mengusung tema “Semangat Sholawat untuk Menggapai Syafa’at”.

Sorak santriwati menggema menyambut penampilan hadroh yang dibawakan oleh anak kelas 12 MA Raskagratama. Acara dibuka dengan pembacaan surah al-Fatihah yang dilanjutkan dengan pembacaan tilawatil Qur’an oleh saudari Zadani Haya Sa’adah. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan jamiiyah dan sholawat.

Para santriwati terlihat bersemangat mengikuti rangkaian acara malam itu. Acara inti yakni khitobah dibawakan oleh saudari Nafisatul Najiah. Penampilan dia disambut antusias oleh para santriwati Komplek Al-Maghfiroh.

“Bulan Rajab terdiri dari tiga huruf dalam tulisan arab yaitu ra’, jim, dan ba’. Ada yang tahu itu kenapa?” kata Nafisatul Najiah. Karena tidak ada santriwati yang berhasil menjawab pertanyaan tersebut. Ia lalu memberi penjelasan “Bahwa ra’ nya itu Rasulullah, jim nya itu Jibril, dan ba’ nya adalah Buroq”.

Nafisatul membawakan khitobah dengan beberapa humor ala santri. Ditambah gaya khas bicaranya yang membuat santriwati tidak bosan mendengarkan apalagi mengantuk. Ia menceritakan latar belakang peristiwa Nabi SAW melakukan perjalanan istimewa yang kemudian disebut dengan nama Isra Mi’raj.

Bahwa Isra merupakan perjalanan dahsyat Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsha. Sedangkan Mi’raj adalah perjalanan di luar akal manusia yakni perjalanan Nabi Muhammad SAW menuju langit, istananya Allah. Perjalanan dahsyat nan di luar akal manusia ini ditempuh hanya dalam kurun waktu satu malam.

READ  Keseruan Perayaan Harlah Ponpes An Nur di Komplek MI

Selanjutnya, acara tersebut ditutup dengan doa yang dibacakan oleh ustadzah Azizah. Usai doa, acara terakhir diisi dengan penampilan spesial drama musikal dari anak kelas 12 MA Raskagratama, yang bercerita tentang santri yang harus bertanggung jawab kepada orang tua, guru, dan dirinya sendiri atas perbuatan yang selama ini ia lakukan selama dipondok.

 “Alhamdulillah malam ini acara berjalan lancar sesuai dengan apa yang sudah direncanakan di awal, meski tadi acaranya sempat molor. Kami dari panitia sudah mempersiapkan acara ini sekitar 2 minggu sebelum hari-H. Terima kasih banyak kepada teman-teman angakatan Raskagratama yang sudah berjuang tiga tahun bersama dan terima kasih juga kepada pihak-pihak yang telah direpotkan dalam acara malam ini” kata Silvia Afifah selaku ketua panitia.

Pukul 23.00 WIB rangkaian acara Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw selesai. Seperti biasanya, acara ini juga disiarkan langsung melalui IG @komplekalmaghfiroh.

annurngrukem

Admin website. Pengurus Pondok Pesantren An Nur. Departemen Multimedia Bidang Informasi dan Teknologi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
Hai, ada yang bisa saya bantu??