Jumat, Mei 14, 2021
No menu items!
Beranda Berita Peringati Hari Santri Nasional: An Nur Ngrukem Lakukan Kerja Bakti di Kampung...

Peringati Hari Santri Nasional: An Nur Ngrukem Lakukan Kerja Bakti di Kampung Sekitar Pesantren

www.annurngrukem.com – Ahad (20/10) Pondok Pesantren An Nur melaksanakan kegiatan roan akbar dan bakti social. Kegiatan ini direalisasikan setelah pengajian rutin Ahad Pon, pukul 08.15 WIB.

Roan akbar dan bakti sosial merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan panitia Hari Santri Nasional (HSN) Bantul untuk menyambut datangnya HSN pada tanggal 22 Oktober 2019 nanti.

Ada beberapa titik lokasi roan akbar (baca: kerja bakti) yang ditentukan oleh panitia HSN Kabupaten Bantul. Mulai dari sungai Winongo hingga pantai Samas.

Kegiatan ini terselengara dengan mengerahkan santri dari berbagai pondok pesantren lewat kerja sama dengan elemen masyarakat. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengakrabkan santri dengan masyarakat sehingga tercipta keharmonisan.

Pondok Pesantren An Nur Ngrukem juga mengerahkan santri untuk ikut roan akbar ini. Bakti sosial dan roan akbar di Pondok Pesantren An Nur telah dibagi titik-titik lokasinya, untuk lebih memudahkan para santri dan agar merata pada semua bagian di sekitar pesantren.

Adapun di daerah sungai Winongo An Nur Ngrukem mengerahkan santri tahasus dari Komplek al-A’raf, sekitar 30 santri. Bagian roan di halaman IIQ An Nur Bantul diambil oleh santri dari Komplek Nurul Huda. Makam ulama Ngrukem dan Njuron tangani oleh santri komplek al-Khadijah dan Komplek putri pusat.

Akan halnya roan jalan dari Maqbaroh (baca: Makam) Simbah Nawawi sampai Mini Market tugas dari sebagian Komplek MAK dan Komplek al-Aqsha, dikoordinatori oleh Kang Anggih dan Kang Sugeng.

Jalan dari Maqbaroh Simbah Nawawi ke selatan dibersihkan oleh sebagian komplek al-Mabruk, yang dikoordinatori oleh Kang Alfian. Di depan pondok sampai dengan gardu pos ronda, delegasi dari sebagian  Komplek al-Madinah, yang didampingi oleh Kang Irfan dan Kang Avista.

Depan rumah Ibu Kesti (Bu konter) sampai dengan Masjid ar-Ridho, adalah delegasi dari Komplek an-Naim dan Komplek al-Qoror yang dikoordinatori oleh Kang Ulin. Selanjutnya, tugas bagian pembuangan sampah ke TPS adalah dari Komplek al-A’la yang dipandu oleh Kang Wafa.

Roan ini dibagi menjadi dua kelompok oleh pengurus, bagian kebersihan komplek yang bertugas membersihkan kamar masing-masing dan kerja bakti di kampung sekitar pesantren. Santri yang mendapat jatah roan di kamar wajib mengepel kamar. Jika kamar tidak dipel maka akan dikenakan denda sebesar 5.000 per santri.

Adapun tugas roan di kapung sekitar pesantren yaitu menyapu, mengambil sampah, mencabut rumput disekitar jalan, dan membersihkan area sepanjang jalan.

Semua santri begitu antusias mengikuti roan akbar dan bakti sosial dengan penuh wajah gembira. Walaupun roan adalah hal yang menguras tenaga, namun para santri tetap mengikuti dengan penuh semangat. Sebab dibalik itu semua ada berkah yang menanti mereka, sebagai balasan rasa capek yang dikeluarkan. (Hendra)

IKUTI OFFICIAL RESMI KAMI:

Facebook – pondok pesantren tahfidz an-nur

Instagram – @annurngrukem

Twitter – @annurngrukem

YouTube – annurngrukem

Santri Nakal
Santri Nakal
Santri Pondok Pesantren An Nur Ngrukem Bantul. Pengabdi Mini Market/Koperasi Pesantren. Budak persajakan duniawi. Kontak dengannya melalui klik icon dibawah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Mengenal Tangga Menggapai Taufik

www.annurngrukem.com - Di berbagai kalangan pesantren sudah sering kita temui kajian kitab yang begitu fenomenal “Sullamut Taufiq” karya Syekh Abdullah bin Al-Husain...

Mengenal Ilmu Tauhid dalam Kitab Idhoatul Dujannah

www.annurngrukem.com - Tauhid secara singkatnya adalah mengesakan Allah SWT yang disebut dalam syahadatain yang kalimatnya terdiri atas dua bagian. Pertama, syahadat tauhid...

Penutupan Kegiatan dan Libur Lebaran 1442 H

www.annurngrukem.com - Rabu (27/4) Pondok Pesantren An Nur Ngrukem menggelar acara Peringatan Nuzul al-Qur’an sekaligus menutup rangkaian kegiatan Ramadan yang diikuti oleh seluruh santri...

Pengumuman Liburan Idul Fitri 1442 H

Sesuai surat edaran Pondok Pesantren An Nur dengan nomor 024/SP/PH-PPA/IV/2021 pada tanggal 28 April 2021 seluruh santri An Nur akan belajar di rumah...

Recent Comments

Rini Dwi Hastuti on Pojok Santri#6 (Pelayan Surga)
Muhammad Rofiq Aulawi on Masih Manusiakah Kita?
annur ngrukem on Penarikan Santri Tahap Dua
annur ngrukem on Penarikan Santri Tahap Dua
annur ngrukem on Cinta Raisa #3
fuad Rosyid on Kegiatan Harian
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
error: Ups, tidak boleh main copy paste ya! Izin dulu sama Admin annurngrukem.com, donk..!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
👋 Hai, ada yang bisa saya bantu??