Rabu, Mei 12, 2021
No menu items!
Beranda Berita Catatan Seputar Haul Hj. Walidah dan Silatnas 2017 di PP. An Nur

Catatan Seputar Haul Hj. Walidah dan Silatnas 2017 di PP. An Nur


N
GRUKEM– Pondok Pesantren An Nur telah melangsungkan acara akbar, yakni Silaturahmi Nasional (SILATNAS) alumni lintas generasi, Sabtu-Ahad, (1-2/4). Kegiatan ini ditujukan untuk semua alumni PP. An Nur Ngrukem Bantul, DI. Yogyakarta. Target minimal panitia, 500 alumni dari seluruh angkatan akan hadir pada event tersebut. Acara ini juga untuk memperingati haul al maghfurlaha almukarramah Ny. H. Walidah Munawwir ke-6.

Berbagai persiapan demi menyambut acara tersebut telah dilakukan. Panitia yang terdiri dari alumni sangat semangat dalam mempersiapkan acara tersebut. Mengingat target kehadiran, panitia juga bekerja sama dengan pengurus pondok untuk membuatkan tim pembantu yang terdiri dari pihak internal (pengurus-santri) pesantren. Sehingga, diharapkan acara dapat terealisasi dengan sangat baik.

Kehebohan dalam media sosial tidak bisa dihindari. Antusias para alumni terpantau sangat aktif dalam berbagai media sosial. Seperti status di facebook, foto nostalgia di instagram, dan lainnya. Hal ini menggambarkan keinginan mereka untuk bisa mengikuti acara tersebut.

Kamis (30/3) persiapan acara semakin dimaksimalkan. Pemasangan bendera disepanjang jalan dan membersihkan area sekitar yang akan dipakai. Panitia juga mempersiapkan penginapan yang ditujukan bagi alumni, terutama dari luar DIY. Penginapan tersebut berada di Madrasah yang lokasinya ada di depan kampus STIQ An Nur. Penginapan yang agak jauh dari lokasi/ panggung utama ini dipilih agar lokasinya tidak jauh dari tempat parkir. Adapun tempat parkir juga berada di halaman madrasah dan halaman kampus STIQ An Nur. Jum’at (31/3) para alumni sudah mulai berdatangan. Beberapa alumni yang datang ada yang langsung menuju makam gurunya, al mukarrom al maghfurlah KH. Nawawi Abdul Aziz dan almukarromah al maghfurlaha Ny. H. Walidah Munawwir. Adapun lokasi atau panggung utama berada di halaman komplek pusat.

Kemudian Sabtu (1/4) semakin banyak alumni yang datang. Arena parkir mulai terpenuhi oleh kendaraan roda dua dan empat. Panitia juga mempersiapkan tempat konsumi khusus bagi sopir. Mengingat banyak tamu yang hadir, panitia juga dibantu oleh teman-teman OSIS MA Al Ma’had An Nur. Termasuk juga saat menjaga tempat penginapan dan mengatur parkir. Selanjutnya, pukul 17.00-19.30 dilakukan registrasi peserta tamu undangan. Pukul 20.00 pembukaan acara simaan dalam rangka haul dimulai. Dilanjutkan dengan simaan al-Qur’an alumni. Sima’an berjumlah 8 majelis, dan berakhir serempak pada waktu subuh.

Adapun acara pada Ahad (2/4) diawali dengan jama’ah salat subuh. Setelah itu, pukul 07.00-08.15 kembali dibuka registrasi peserta. Saat registrasi ini, juga sebagai penyambutan bagi peserta saat memasuki arena atau panggung utama. Pukul 08.30 dilanjutkan pembacaan maulid Nabi Muhammad Saw. sekaligus pembukaan acara Silatnas. Kemudian -masih di pangggung utama- dilangsungkan pelantikan pengurus daerah. Seluruh alumni PP. An Nur tersebar di Indonesia, dengan pelantikan ini maka koordinasi akan semakin mudah.

Pukul 10.30 berlangsung acara ramah tamah dan sarasehan. Adapun tema yang diusung ialah “”Konsolidasi, Penguatan dan Prospek Alumni An Nur dalam Berkhidmah Kepada Pondok Pesantren An Nur, Alumni dan Ummat”. Setelah pembahasan tersebut selesai, dilanjutkan sarasehan sesi berikutnya yang mengusung tema “Pemberdayaan Ekonomi Alumni Melalui Usaha Bersama”. Selanjutnya, diadakan koordinasi pengurus pusat dan pengurus daerah yang baru saja dilantik. Usai salat ashar, dilakukan penutupan kegiatan Silatnas dengan tahlil dan takhtimul Qur’an di makam atau maqbarah.

Malam harinya, yakni pukul 20.00 masih terdapat agenda. Kali ini, acara tahlil dan kenduri bersama masyarakat sekitar. Namun, untuk lokasi acara sudah tidak bertempat dipanggung utama. Justru acara ini dilaksanakan di mushola dan pendopo pesantren. Adapun santri-santri membaca amaliyah tersendiri yang berlokasi di aula lantai III. (Ahmad Sangidu/PN)

Bahrul Amiq
Bahrul Amiq
Who iam i? Orang tanah sebrang yang sedang ingin menjadi orang di tanah Jogja. Hobi menjelajah alam, dan disini hanya sebagi admin dan tukang posting. Klik Icon kecil dibawah ya...!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Mengenal Ilmu Tauhid dalam Kitab Idhoatul Dujannah

www.annurngrukem.com - Tauhid secara singkatnya adalah mengesakan Allah SWT yang disebut dalam syahadatain yang kalimatnya terdiri atas dua bagian. Pertama, syahadat tauhid...

Penutupan Kegiatan dan Libur Lebaran 1442 H

www.annurngrukem.com - Rabu (27/4) Pondok Pesantren An Nur Ngrukem menggelar acara Peringatan Nuzul al-Qur’an sekaligus menutup rangkaian kegiatan Ramadan yang diikuti oleh seluruh santri...

Pengumuman Liburan Idul Fitri 1442 H

Sesuai surat edaran Pondok Pesantren An Nur dengan nomor 024/SP/PH-PPA/IV/2021 pada tanggal 28 April 2021 seluruh santri An Nur akan belajar di rumah...

Lomba Cerpen 6: SI DARYO

Lelaki 20 tahun itu terlihat meringis menahan perih saat air wudhu mengalir melewati luka-luka di beberapa bagian tubuhnya bersamaan dengan darah yang...

Recent Comments

Rini Dwi Hastuti on Pojok Santri#6 (Pelayan Surga)
Muhammad Rofiq Aulawi on Masih Manusiakah Kita?
annur ngrukem on Penarikan Santri Tahap Dua
annur ngrukem on Penarikan Santri Tahap Dua
annur ngrukem on Cinta Raisa #3
fuad Rosyid on Kegiatan Harian
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
error: Ups, tidak boleh main copy paste ya! Izin dulu sama Admin annurngrukem.com, donk..!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
👋 Hai, ada yang bisa saya bantu??