Rabu, Juli 28, 2021
No menu items!
Beranda Artikel Resensi Buku: Dinamisasi Pendidikan Pesantren Ala Gus Dur

Resensi Buku: Dinamisasi Pendidikan Pesantren Ala Gus Dur

Judul:Gus Dur Penggerak Dinamisasi Pendidikan Pesantren
Penulis:Rohani Shidiq
Penerbit:Istana Publishing
Cetakan:I, Juli 2015
Tebal:xxiv + 220 halaman

Kiai haji Abdurrahman Wahid (Gus Dur) disebut sebagai tokoh yang “berangkat dari pesantren, kembali ke pesantren dan berjuang melalui (dan untuk) pesantren”. Sebuah pernyataan dari hasil analisis Rohani Shidiq terhadap sosok Gus Dur. Rohani, penulis buku ini mengajak pembaca untuk ikut mendalami “gerakan” Gus Dur dalam proses dinamisasi pendidikan pesantren. Maka tidak heran kalau pembahasan didalamnya banyak mengulas tentang dinamisasi ala Gus Dur.

Pada bagian pertama, pembaca diberi penjelasan terkait pentingnya dinamisasi yang perlu dilakukan Gus Dur untuk memajukan pendidikan Islam secara umum. Berikutnya di bagian kedua, penulis mengulas tentang rekam jejak (baca: perjalanan intelektual) Gus Dur sejak menggeluti pelajaran di pesantren rintisan kakeknya (KH. Hasyim Asy’ari), sampai kepemimpinannya di PBNU yang intens melakukan pembaharuan pendidikan Islam.

Dalam melakukan pembaharuan, Gus Dur menyandarkan pada tiga ranah, yaitu: pertama dari segi metodologi. Gus Dur memperkenalkan dan mengembangkan metode ilmiah popular dimana sumber kebenaran tidak bersifat monolitik; kedua dari segi substansi ajaran agama.

Gus Dur tidak hanya bersandar secara pasif terhadap dogma-dogma pesantren, akan tetapi dengan lihai melakukan dialog dan kritikan terhadap nilai-nilai dogmatis di pesantren itu sendiri, dan; ketiga dalam memandang problem kemasyarakatan lebih mementingkan substansi dan menjauhi formalisme. (hal. 21).Pada bagian selanjutnya, penulis menguraikan berbagai pemikiran Gus Dur yang terasa menyegarkan dunia pendidikan Islam di tanah air. Kemudian di bagian kelima, pembaca dapat mengetahui sejauhmana perjuangan Gus Dur dalam mengaplikasikan ide-ide cemerlangnya, termasuk tantangan yang berhasil dihadapinya dengan arif dan bijak.     

Sungguh menarik apa yang disajikan dalam buku ini. Membacanya seakan kita kian mengenal Gus Dur yang memang patut memperoleh kehormatan sebagai Guru Bangsa. Adapun sub judul yang terlalu banyak menghadirkan kesan kalau buku ini tidak ditulis secara “utuh”. Artinya, ada kemungkinan karya ini merupakan kumpulan dari puluhan artikel yang berbeda-beda tema dan waktu penulisannya. Meski demikian, buku yang ditulis oleh lulusan UNSIQ Wonosobo ini tetap penting dijadikan referensi bagi santri, dosen, mahasiswa dan para pengagum Gus Dur.

Bahrul Amiq
Who iam i? Orang tanah sebrang yang sedang ingin menjadi orang di tanah Jogja. Hobi menjelajah alam, dan disini hanya sebagi admin dan tukang posting. Klik Icon kecil dibawah ya...!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Semangat Santri Attariq di Hari Raya Kurban

www.annurngrukem.com - Setelah adanya himbauan dari pemerintah terkait adanya kebijakan PPKM Darurat, berdampak pula dengan perayaan Idul Adha 1442 H tahun ini....

Meriah: Idul Adha Kali Ini Sembelih 28 Hewan Kurban

www.annurngrukem.com - Dalam setiap agama pasti memiliki hari di mana hari tersebut diistimewakan setiap tahunnya. Agama Islam, misalnya, terdapat dua hari raya...

Rahmatang: Peserta Tes 30 Juz Kedua

www.annurngrukem.com - Ahad (18/7), Rahmatang menjadi peserta kedua tes 30 juz bilhifdzi, setelah Humaira Nur yang telah melaksanakan tes pada bulan April...

Menggapai Takwa

www.annurngrukem.com - Perbedaan sudut pandang sering menyebabkan pertengkaran bagi manusia. Contohnya perbedaan beragama. Selain itu, adanya tingkatan kasta menyebabkan golongan-golongan yang tidak...

Recent Comments

Rini Dwi Hastuti on Pojok Santri#6 (Pelayan Surga)
Muhammad Rofiq Aulawi on Masih Manusiakah Kita?
annur ngrukem on Penarikan Santri Tahap Dua
annur ngrukem on Penarikan Santri Tahap Dua
annur ngrukem on Cinta Raisa #3
fuad Rosyid on Kegiatan Harian
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
error: Ups, tidak boleh main copy paste ya! Izin dulu sama Admin annurngrukem.com, donk..!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
👋 Hai, ada yang bisa saya bantu??