Kategori
Berita

Bupati Bantul Hadiri PBAK IIQ An Nur

www.annurngrukem.com – Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) merupakan salah satu tradisi turun temurun yang dilaksanakan di lingkungan perkuliahan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan adat istiadat, norma dan sebagainya, yang ada di kampus tersebut. Di Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) An Nur Yogyakarta, kampus dalam naungan Yayasan al-Ma’had An Nur ini menggelar acara PBAK selama 4 hari.

Jum’at (24/9), hari pertama dilaksanakannya PBAK dimulai dengan kegiatan pembekalan mahasiswa baru pada pukul 14.00 WIB yang bertempat di auditorium kampus IIQ An Nur Yogyakarta. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah memberikan penjelasan kepada mahasiswa baru terkait pengertian PBAK dan tujuannya, serta menyampaikan rundown kegiatan yang akan mereka jalani selama PBAK.

Setelah memberikan arahan kepada mahasiswa baru terkait dengan rundown acara PBAK, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian kelompok oleh panitia. Mahasiswa baru dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari putra dan putri yang masing-masing akan dibimbing oleh satu mentor. Setelah pembagian kelompok, mahasiswa baru berkumpul sesuai dengan kelompok dan didampingi oleh mentor masing-masing. Kegiatan di hari pertama ini berakhir pukul 16.00 WIB.

Lalu, Senin (27/9) kegiatan PBAK diawali dengan pembukaan acara yang dihadiri oleh bapak Abdul Halim selaku bupati Bantul, bapak KH Muslim Nawawi selaku pengasuh Pondok Pesantren An Nur dan bapak Sihabul Millah, M.A selaku rektor IIQ An Nur Yogyakarta. Acara dimulai pukul 07.00 WIB dengan menyanyikan lagu wajib, antara lain Indonesia Raya, Ya Lal Wathon, Mars Mahasiswa, Mars IIQ An Nur dan Mars PBAK dengan diiringi piano oleh panitia.

Kemudian acara disambung dengan sambutan dari ketua panitia PBAK, Tubagus Izmi Mubarok dan sambutan dari presiden mahasiswa, Zainal Fanani. Dalam sambutannya, Tubagus dan Zainal berpesan bahwa mahasiswa IIQ An Nur menyambut mahasiswa baru sebagai teman, rekan, sahabat dan saudara.

Sambutan yang kedua oleh bapak Sihabul Millah, M.A selaku rektor IIQ An Nur. Dilanjut dengan sambutan yang ketiga oleh bapak Abdul Halim selaku bupati. Sambutan keempat yakni dari bapak KH Muslim Nawawi selaku pengasuh Pondok Pesantren An Nur. Beliau, KH Muslim Nawawi berpesan agar menjadi mahasiswa yang ilmiah dan berakhlakul karimah. Seusai sambutan, acara dilanjutkan dengan pelepasan balon PBAK yang dipimpin langsung oleh bapak Halim bupati Bantul dan bapak KH Muslim Nawawi.

Setelah acara pembukaan selesai, para mahasiswa baru memasuki auditorium kampus IIQ An Nur untuk mengikuti materi mengenai profil kampus yang disampaikan oleh bapak Sihabul Millah, M.A. Setelah materi mengenai profil kampus, disusul penyampaian materi mengenai pengenalan akademik dan budaya kampus yang disampaikan oleh bapak Munjahid, M. Ag. Acara hari pertama ditutup dengan isoma.

Acara berlanjut pada hari Selasa (28/9) dimulai dengan apel pagi yang dipimpin oleh panitia sie ketertiban. Setelah apel selesai, dilanjut dengan pembekalan materi administrasi kampus yang disampaikan oleh bapak Drs. Atmaturida, M.Pd dan dilanjut dengan materi kemahasiswaan yang disampaikan oleh bapak Dr. H. Khoirunniat, M.A.

Penyampaian materi terakhir oleh KH. Ahmad Muwafiq yang menyampaikan materi sesuai dengan tema yang diusung dalam PBAK, yakni Sinegritas Peran Santri dan Mahasiswa Menuju SDM yang Progresif, Dinamis dan Transformatif. Acara pada hari Selasa ditutup dengan orasi ilmiah oleh presiden mahasiswa, Zainal Fanani.

PBAK berlanjut pada hari Rabu (29/9) diawali dengan apel pagi dan pengecekan suhu tubuh mahasiswa baru oleh panitia ketertiban. Pada hari ini mahasiswa baru tidak dikumpulkan dalam auditorium, melainkan berkumpul sesuai dengan fakultas masing-masing. Panitia menyediakan tiga ruangan yang bertempat di auditorium untuk fakultas Tarbiyah, lobby lantai 2 untuk Fakultas Ushuluddin dan lobby lantai 3 untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

PBAK kali ini diisi dengan materi dan game oleh panitia dari fakultas masing-masing. Acara cukup meriah karena selain menggunakan kokat yang dibuat dengan potongan kardus, peserta juga mengenakan baju dengan warna seragam yang sudah ditentukan oleh panitia.

Setelah acara PBAK fakultas selesai, peserta menuju auditorium guna mengikuti arahan panitia untuk acara hari Kamis yakni pentas seni.

Pada hari Kamis (30/9) sebagai acara PBAK terakhir dimulai pukul 07.00 WIB dengan pembukaan apel seperti biasa yang dilanjutkan dengan pengenalan Badan Otonom kampus dan UKM di auditorium IIQ An Nur. Acara dilanjut dengan pentas seni oleh peserta sesuai dengan tema kelompok yang sudah diberikan oleh panitia.

Acara hari terakhir ini lebih ramai, sebab menghadirkan banyak pementasan yang membawa canda tawa di setiap kelompok. Ada pun pentas seni yang ditampilkan adalah drama, puisi berantai, dan tari.

Acara PBAK ditutup dengan pembagian hadiah dan penobatan King dan Queen peserta PBAK. Penobatan ini adalah sebuah simbolik penghargaan kepada peserta terbaik PBAK. Penutupan acara dipimpin langsung oleh ketua PBAK, Tubagus Izmi Mubarok. Setelah acara resmi ditutup, para peserta dan panitia menyanyikan lagu ‘Sayonara’ bersama-sama.

_________________


Oleh: LPM Tsuroya IIQ An Nur Yogyakarta

Oleh annurngrukem

Admin website. Pengurus Pondok Pesantren An Nur. Departemen Multimedia Bidang Informasi dan Teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *