Berita

Pembukaan Kegiatan Ramadhan 1444 H: Istiqomah Beribadah di Bulan Berkah

www.annurngrukem.com – Kamis (17/3), bertepatan dengan H-7 datangnya bulan Ramadhan, Pondok Pesantren An Nur Ngrukem mengadakan acara pembukaan kegiatan Ramadhan Fil Ma’had 1444 H. Acara dimulai setelah jamaah shalat isya’ dan bertempat di halaman rusunawa Pondok Pesantren An Nur. Acara ini dihadiri oleh seluruh santri Pondok Pesantren An Nur, baik komplek pusat maupun komplek cabang.

Selaku pembawa acara, Sdr. Ahmad Toha Musthofa menyampaikan berbagai susunan acara pembukaan kegiatan Ramadhan Fil Ma’had 1444 H. Diawali pembukaan dengan pembacaan surah al-Fatihah bersama-sama. Kemudian dilanjutkan pembacaan kalam Ilahi oleh Sdr. Ibnu Ahsinul Umam yang berlangsung dengan sangat khusyuk. Acara dilanjutkan dengan pembacaan sholawat Al Barzanji yang dipimpin oleh tim hadroh Pondok Pesantren An Nur. Pembacaan sholawat Barzanji berlangsung dengan penuh semangat, tertib dan khidmat.

Setelah bersuka cita dengan sholawat bersama-sama, acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh ketua panitia dan ketua umum Pondok Pesantren An Nur. Sambutan yang pertama oleh ketua panitia Ramadhan Fil Ma’had 1444 H, yakni Ust. Muhammad Ulinnuha. Dalam sambutannya Ust. Ulin menyampaikan sebuah harapan terhadap semangat, antusias dan kemeriahan santri-santri tidak hanya tertuang dalam pembukaan RFM saja, namun juga dalam setiap kegiatan RFM, selaras dengan tema RFM tahun ini yakni: “Istiqomah Beribadah di Bulan Berkah”.

Selain itu, Ust. Ulin juga menyampaikan sebuah quotes dari KH. Muslim Nawawi, yakni “sesungguhnya manusia itu diperbudak oleh kebiasaannya, apabila kebiasaannya baik maka akan diperbudak dengan kebiasaan baiknya, sedangkan apabila kebiasaannya buruk maka akan diperbudak kebiasaan buruknya”. Maka kita sebagai santri harus senantiasa berusaha membangun kebiasaan baik dalam diri kita masing-masing.

Sambutan selanjutnya adalah sambutan dari Ust. Muhammad Arwani selaku ketua umum Pondok Pesantren An Nur. Dalam sambutannya Ust. Arwani menyampaikan beberapa pengumuman terkait dengan kegiatan dan mudik lebaran. Ust. Arwani juga menyampaikan sebuah harapan agar santri-santri dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan bersemangat. Selain itu harus memupuk semangat dalam mengaji karena segala sesuatu sudah tersedia dan tinggal menjalani sehingga tidak ada alasan untuk bermalas-malasan.

READ  Penutupan Ramadhan Fiil Ma'had dan Nuzulul Qur'an

Adapun sambutan ketiga, sekaligus mauidzoh hasanah dan pembukaan secara resmi kegiatan Ramadhan Fil Ma’had 1444 H, oleh KH. Muslim Nawawi selaku Pengasuh Pondok Pesantren An Nur. Dalam mauidzoh hasanah, KH. Muslim Nawawi menyampaikan bahwa sebentar lagi kita akan kedatangan tamu agung, maka kita harus benar-benar mempersiapkan dengan baik.

Beliau menyampaikan sebuah hadits, yang berbunyi: “Termasuk orang-orang yang rugi, adalah orang yang diberi kesempatan oleh Allah bertemu dengan bulan Ramadhan, akan tetapi segera berlalu dan habis, orang tersebut tidak sempat mendapat ampunan dan pahala dari Allah SWT.”

KH. Muslim Nawawi juga berpesan kepada seluruh santri agar memaksimalkan ibadahnya dan melakukan amal kebaikan di Ramadhan tahun ini, serta menganggapnya sebagai ramadhan yang terakhir bagi kita. Beliau juga menghimbau kepada para santri agar menjalani program yang diadakan panitia dengan baik dan bertanggung jawab, yakni program Ramadhan “one day, two juz”.

Mauidzoh hasanah ditutup dengan pembacaan surah al-Fatihah bersama-sama sebagai simbol resmi dibukanya kegiatan Ramadhan Fil Ma’had 1444 H. Sebelum ditutup, terdapat pengumuman dari panitia mengenai kegiatan RFM, seperti adanya sayembara menulis yang diadakan panitia RFM yang bekerjasama dengan pengurus website annurngrukem, lomba kebersihan kamar, dan diadanya sanksi bagi yang tidak mengikuti kegiatan. Acara ditutup dengan pembacaan doa kafaratul majelis dan hamdalah bersama-sama secara serentak.

Maulaminna

Santri Pondok Pesantren An Nur Komplek Khodijah. Suka membaca dan nonton drakor. Ingin lebih kenal bisa kunjungi media sosialnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
Hai, ada yang bisa saya bantu??