Berita

Aksi Santri An Nur dalam Hari Santri Nasional di Bantul

www.annurngrukem.com – Dua tahun silam, peringatan Hari Santri Nasional hanya diselenggarakan secara internal di pondok saja. Para santri mengikuti apel yang dilaksanakan di halaman pondok bersama para pengasuh dan dzuriyah. Tentu saja, apel tahun lalu terhitung berjalan sangat singkat dan tidak mewah. Para santri pun langsung kembali ke kamar dan melanjutkan ngaji. Tidak ada libur.

Sekarang, tahun 2022, seluruh masyarakat pesantren di Indonesia telah diperbolehkan mengadakan apel atau upacara di luar, tanpa masker, bahkan bergabung dengan pesantren lainnya. Akhirnya, peringatan Hari Santri Nasional dapat terselenggara meriah seperti tahun sebelum diserang Covid-19.

Di Bantul, ada apel akbar memperingati Hari Santri Nasional dan Kick Off 1 Abad NU yang digelar oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bantul. Acara ini terlaksana pada Sabtu (22/10) di lapangan Paseban Bantul. Menurut laporan tvOneNews menyebutkan apel diikuti 15 ribu santri.

Pada kesempatan tersebut, Pondok Pesantren An Nur mampu mengirimkan 2600 santri untuk ikut memeriahkan Apel Hari Santri Nasional dan Kick Off 1 Abad NU di Paseban. Dan ini adalah jumlah peserta terbanyak dibanding dengan pondok atau instansi lain yang ikut ke Paseban. Para santri menuju lokasi Paseban dengan jalan kaki dari pondok sampai arena apel.

Saking banyaknya, para pengurus membagi tugas agar sampai di Paseban dengan cepat dan tertib. Pukul 06.00 WIB, beberapa pengurus mempersiapkan diri di titik kumpul halaman IIQ An Nur, beberapa pengurus yang lain oprak-oprak santri di komplek, beberapa pengurus lagi menyiapkan tempat apel di Lapangan Paseban, dan beberapa pengurus lain bertugas berjaga di titik-titik jalan raya.

Santri putra dan putri berbondong-bondong berangkat menuju lapangan Paseban secara berurutan. Barisan pertama mobil yang mengangkut sound system, barisan setelahnya santri putra kemudian dilanjutkan oleh santri putri. Sepanjang perjalanan, para banser ikut mendampingi para santri menuju lokasi apel. Bahkan pihak kepolisian mengirim bantuan satu mobil patwal dan beberapa anggota kepolisian menggunakan motor.

READ  Pondok Putri Adakan Musabaqoh Mudarosatil Qur’an (MMQ)

Panjang barisan santri cukup menyita kemacetan sementara bagi para pengendara yang melintasi jalan Bantul. Dengan bantuan para polisi dan banser, para santri tiba di Paseban pukul 8.00 WIB, tepat sebelum apel dimulai. Sesampainya di lokasi, para santri dibantu oleh petugas untuk berbaris di tempat yang telah disediakan khusus oleh pihak panitia.

Para santri sangat antusias bersorak-sorak penuh semangat. Mereka menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Hari Santri dan Yalal Wathon dengan lantang. Satu hal yang berbeda, kali ini ada simbolis peringatan 1 Abad NU yang dimeriahkan dengan menyulut kembang api dan membunyikan sirine ambulan. Para kiai dan para aparat pemerintah ikut dengan memukul alat hadroh.

Setelah apel selesai, seluruh peserta dibubarkan. Para santri Pondok Pesantren An Nur pulang ke pondok dengan jalan kaki. Panjang barisan santri menyita perhatian publik sepanjang jalan Bantul. Banyak masyarakat yang merekam dengan Hp saat melihat keseruan para santri berjalan sambil bernyanyi sepanjang jalan pulang.

Setelah itu, pada Ahad (6/11) beberapa santri Pondok Pesantren An Nur kembali beraksi. Para santri mengikuti bersih-bersih sungai Winongo Niten Bantul bersama Bupati Bantul. Pondok Pesantren An Nur mengirim delegasi sebanyak 120-an santri putra. Para santri berangkat menggunakan empat bus. Dan acara ini masih dikoordinatori oleh PCNU Bantul.

“Matur nuwun. Apresiasi yang luar biasa buat semua santri dan pengurus serta keluarga besar An Nur.” dr. H. Attobari, MPH mewakili PCNU Bantul.

Acil

Acil atau Atul Kecil, bernama asli Lailatul Munawaroh. Santri Pondok Pesantren An Nur Komplek Khodijah. Lebih jauh bisa kunjungi media sosialnya :

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
Hai, ada yang bisa saya bantu??