Berita

Haul ke-35 K.H. Abdul Aziz: Santri Bersih Makam dan Tabur Bunga

www.annurngrukem.com – K.H Abdul Aziz merupakan ayahanda dari K.H. Nawawi Abdul Aziz, pendiri Pondok Pesantren An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta.

Sudah menjadi agenda rutin tahunan seperti yang tertera pada kalender pondok pesantren An Nur bahwa pada tanggal 11 Zulkaidah para santri akan memperingati Haul dari Simbah K.H.Abdul Aziz yang ke-35.

Beberapa rangkaian acara dibuat oleh pengurus Pondok Pesantren An Nur agar para santri bisa nyadong keberkahan dalam agenda rutin tahunan ini.

Agenda yang pertama adalah pembacaan amaliah santri yang dibuka pada hari Jumat, 19 Mei 2023 tepat setelah Maghrib. Biasanya amaliah rutin ini dimulai satu Minggu sebelum Haul, dan pada tahun ini amaliah.

Amaliah yang dilaksanakan terbagi menjadi beberapa macam mulai dari muqoddaman al-Qur’an, sima’an al-Qur’an, membaca dzikir dan sholawat.

Amaliah muqodaman al-Qur’an untuk memperingati Haul K.H. Abdul Aziz telah di mulai pada Sabtu, 20 Mei sampai dengan 28 Mei 2023. Untuk sima’an al-Qur’an pada hari Kamis 25 Mei 2023 yang di laksanakan di Komplek Pusat maupun Komplek Cabang Pondok Pesantren An Nur.

Selain itu, pada hari Senin (29/05) diadakan Maulid al-Barzanji, dzikir dan tahlil yang dilaksanakan di Ndalem Pusat yang diikuti oleh seluruh dewan dzuriyah dan santri pusat putri. Sedangkan untuk santri cabang melaksanakan dzikir dan tahlil di Komplek masing-masing.

Hari Selasa (30/05) adalah puncak acara Haul K.H. Abdul Aziz. Pagi hari pukul 08.00 WIB perwakilan dari pengurus Pondok Pesantren An Nur melaksanakan bersih makam dan tabur bunga di makam keluarga K.H. Abdul Aziz tepatnya di pemakaman umum Tulusrejo. Selanjutnya pukul 10.00 WIB dilaksanakan acara ziarah kubur ke makam K.H. Abdul Aziz yang diikuti oleh pengurus dan seluruh dewan dzuriyah di Tulusrejo, Grabag, Kutoarjo, Jawa tengah.

READ  Khatamkan 212 Al-Qur’an Menuju Haul Ke-83 KH. M. Munawwir

Setelah ziaroh kubur, perwakilan pengurus dan seluruh dewan dzuriyah mengikuti acara Haul yang digelar di Masjid Agung Tulusrejo.

Rangkaian acara diawali dengan pembacaan dzikir dan tahlil dan doa yang dipimpin langsung oleh adik dari al-Maghfurlah Simbah K.H. Nawawi Abdul Aziz yakni Simbah K.H. Ahmad Fadholi Abdul Aziz. Dilanjut dengan beberapa acara lalu ditutup dengan mauidhah hasanah oleh Bapak K.H. Muslim Nawawi.

Tujuan santri Pondok Pesantren An Nur ikut melaksanakan Haul ke-35 K.H. Abdul Aziz, selain agar santri bisa ikut nyadong berkah menurut Ketua Pondok Pesantren An Nur, Muhammad Arwani, “Pertama, yakni sebagai ajang Birrul Walidain, mendoakan orang tua dari guru kita dan harapannya kita semua bisa belajar, syukur-syukur bisa meniru laku guru-guru kita, sampai meniru tirakat orang tua guru kita, bagaimana beliau bisa melahirkan orang besar dan hebat seperti Simbah K.H. Nawawi Abdul Aziz.”

Menurut salah satu Shohibul Bait, ust. Anis Sulkhan Fadhil, Acara Haul tahun ini berjalan begitu lancar karena banyak keluarga yang hadir dan antusias dari warga.

“Alhamdulillah secara umum peringatan K.H. Abdul Aziz Umar berjalan lancar. Tentunya ada banyak hal yang harus disyukuri karena banyak keluarga besar yang bisa hadir. Karena perlu kita tahu bahwa K.H. Abdul aziz memiliki 2 jalur keturunan dan semuanya banyak yang hadir”, ucap ust. Anis Sulkhan Fadhil.

“Tidak hanya Pondok Pesantren An Nur yang melaksanakan amaliah secara khusus namun juga banyak keluarga-keluarga yang memiliki majelis seperti TPQ, jamaah pengajian, maupun personal juga melaksanakan amaliah yang sudah dimulai satu minggu sebelum puncak Haul. Pelaksanaan kegiatan kemarin juga banyak melibatkan orang-orang kampung. Selanjutnya hal yang menjadi pemanis seperti menghias makam menjadi lebih indah juga menambah nilai plus Haul tahun ini”, tambah ust. Anis Sulkhan Fadhil.

READ  Haul ke-20 Abah Basyir: Birrul Walidain dan Mau'idhotul Hasanah bersama Lora Ismail

—Penulis: Aghista, Sarah dan Aini.

annurngrukem

Admin website. Pengurus Pondok Pesantren An Nur. Departemen Multimedia Bidang Informasi dan Teknologi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
Hai, ada yang bisa saya bantu??