Pentingnya Berdoa dan Doa-Doa Pilihan dalam Al-Qur’an

0
15

www.annurngrukem.com – Doa adalah senjata bagi orang mukmin. Ketika seseorang sedang menghadapi suatu masalah kehidupan, doa menjadi alternatif paling solutif. Sulit mendapatkan pekerjaan, misalnya, padahal lulusan perguruan tinggi terbaik bahkan cumlaude. Solusi lain di samping berusaha dengan sungguh-sungguh, doa harus dilaksanakan.

Doa kenapa bisa menjadi begitu penting? Sebagaimana kita tahu, segala sesuatu telah ditakdirkan oleh Allah. Sebab itu, seberapa keras kita berjuang banting tulang, jika Allah tidak menghendaki, pasti tidak ada hasilnya. Usaha adalah wasilah lahiriyah, sedangkan doa adalah wasilah bathiniyah. Sehingga keduanya tidak bisa pisah.

Dalam Al-Qur’an, ada banyak doa yang bisa dipakai dan beberapa mungkin mayoritas umat muslim sudah hafal. Beberapa doa tersebut di antaranya sebagai berikut:

Doa Nabi Ibrahim: memohon kemakmuran, keamanan, dan kedamaian untuk negeri.

رَبِّ اجۡعَلۡ هٰذَا بَلَدًا اٰمِنًا وَّارۡزُقۡ اَهۡلَهٗ مِنَ الثَّمَرٰتِ مَنۡ اٰمَنَ مِنۡهُمۡ بِاللّٰهِ وَالۡيَوۡمِ الۡاٰخِرِ‌ؕ

Ya Tuhanku, jadikanlah (negeri Mekah) ini negeri yang aman dan berilah rezeki berupa buah-buahan kepada penduduknya, yaitu di antara mereka yang beriman kepada Allah dan hari kemudian. (QS. Al-Baqarah ayat 126)

Doa Nabi Ibrahim: agar amal baiknya diterima

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا ۗ اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Ya Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui. (QS. Al-Baqarah ayat 127)

Doa Nabi Ibrahim: memohon ampunan untuk diri sendiri, orang tua, dan orang-orang beriman

رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ

Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat). (QS. Ibrahim ayat 41)

Doa Nabi Muhammad SAW: memohon keselamatan dunia dan akhirat

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka. (QS. Al-Baqarah ayat 201)

Doa Nabi Muhammad SAW: memohon diberi jalan yang baik dan pertolongan

رَّبِّ اَدْخِلْنِيْ مُدْخَلَ صِدْقٍ وَّاَخْرِجْنِيْ مُخْرَجَ صِدْقٍ وَّاجْعَلْ لِّيْ مِنْ لَّدُنْكَ سُلْطٰنًا نَّصِيْرًا

Ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong. (QS. Al-Isra ayat 80)

Doa Nabi Muhammad SAW: memohon kemuliaan dunia dan akhirat

اللهم مٰلِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِى الْمُلْكَ مَنْ تَشَاۤءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاۤءُۖ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاۤءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاۤءُ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۗ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Wahai Tuhan pemilik kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada siapa pun yang Engkau kehendaki, dan Engkau cabut kekuasaan dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa pun yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu. (QS. Ali Imran ayat 26)

Doa Nabi Adam: memohon pengampunan dan rahmat

رَبَّنَا ظَلَمْنَآ اَنْفُسَنَا وَاِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi. (QS. Al-A’raf ayat 23)

Doa Nabi Zakaria: memohon keturunan yang baik

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ

Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa. (QS. Ali Imran ayat 38)

Tentu, masih banyak doa yang termaktub dalam Al-Qur’an. Sedikitnya, demikian tadi adalah doa para Nabi yang diabadikan dalam Al-Qur’an. Disebutkan dalam Al-Qur’an surah Ghafir ayat 60, bahwa Allah berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ

Dan Tuhanmu berfirman, “berdoalah kalian kepada-Ku, niscaya akan Kukabulkan bagi kalian”

Doa tidak sekadar wujud pengabulan permohonan. Doa bisa juga sebagai sarana beribadah, seorang hamba mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, Allah. Bukti bahwa seorang hamba tidak bisa apa-apa kecuali dengan bantuan Allah. Doa adalah permohonan, harapan, permintaan, sekaligus pujian kepada Allah, Tuhan Semesta Alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here