Rabu, Mei 12, 2021
No menu items!
Beranda Pojok Santri Rakernas IASA: Konsolidasi Demi Validasi

Rakernas IASA: Konsolidasi Demi Validasi

Foto Usai Rakernas

annurngrukem.com– Perhelatan akbar yang digelar Pondok Pesantren (Ponpes) An-Nur Ngrukem, Bantul, DI Yogyakarta pada Sabtu (2/11) menghadirkan kesan mendalam bagi para alumninya. Salah satu alumni (yang sungkan ditulis namanya) menjelaskan alasan kedatangannya dalam kesempatan ini.

“Datang di hari-hari ini merupakan momentum penting sebagai wujud khidmat pada kiai. Ponpes An-Nur mengadakan Haul KH. Nawawi Abdul Aziz ke-5 dan Ny.Hj. Walidah Moenawwir ke-8. Di samping itu, berlangsung pula agenda rutin wisuda khotmil Quran yang terhitung sudah ke-21”.

Pada kesempatan yang sangat baik ini, para alumni juga bisa temu kangen dengan teman-teman semasa nyantri dulu. Bercengkerama penuh canda tawa. Berbagi cerita tentang perkembangan di daerah tempat tinggalnya masing-masing.

Suasana tampak begitu guyub, seakan tidak ingin segera usai. Sangat banyak alumni yang datang. Dari berbagai daerah, hampir seluruh Nusantara. Semua datang ke Ponpes An-Nur dengan tulus.

Di tengah semaraknya acara dan keriuhan orang-orang yang terus berdatangan, ada sebagian kecil alumni yang menggelar acara singkat. Rakernas namanya. Singkatan dari Rapat Kerja Nasional yang digelar pengurus Ikatan Alumni Santri An-Nur (IASA).

Adapun IASA yang merupakan organisasi alumni Ponpes An-Nur memang berinisiatif mengadakan pertemuan antar pengurus pusat dan cabang (daerah). Hal ini diperlukan sebagai langkah konsolidasi demi validasi data alumni. Melalui data yang valid, maka komunikasi dapat berjalan baik.

Pengurus pusat IASA mengundang para ketua cabang untuk hadir di auditorium IIQ An-Nur. Turut juga mengundang dewan dzuriyah yang diwakili KH. ‘Ashim Nawawi dan KH. Yasin Nawawi. Alhasil, acara Rakernas ini diikuti lebih dari 40 peserta.

Tema Rakernas IASA yaitu “Konsolidasi Organisasi dalam Menyinergikan Program Pengurus Pusat dan Daerah”. Melalui tema ini, harapannya pembahasan dalam Rakernas bisa lebih fokus dan tepat ketika membuahkan keputusan. Rakernas secara resmi dibuka oleh KH. ‘Ashim Nawawi pukul 10.30 WIB.

KH. Yasin Nawawi dalam sambutannya menyampaikan pesan-pesan penting yang patut dicatat oleh setiap pengurus IASA;

“Melalui Rakernas ini, diharapkan seluruh pengurus IASA (pusat dan daerah) bisa menyatukan visi dan misi organisasi. Peran penting yang perlu dikedepankan oleh para pengurus, yakni agar bisa menjaga anggotanya supaya tidak ‘salah jalan’.”

Beliau pun lantas melanjutkan, bahwa “Pengurus IASA harus menghargai dan meladeni karena pada dasarnya berfungsi sebagai pelayan bagi anggota organisasi. Pengurus menjadi contoh dalam berjuang secara konsisten dan ikhlas lillahi ta’ala. Perjuangan ini nantinya pasti akan mendapat rahmat dari Allah Subhanahu wa ta’ala”.

Sedangkan KH. Aris Munawar selaku ketua pusat IASA mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran seluruh pengurus IASA. Berharap semoga ini bisa menjadi penyambung ilmu yang didapat dari Ponpes An-Nur. Khidmat kepada Ponpes An-Nur dapat terus berlanjut dan senantiasa meningkat.

Jalannya Rakernas dipandu oleh kiai Masduki yang mengawalinya dengan pembahasan terkait validasi data alumni. Ketika urusan data ini selesai, maka program kerja yang ditargetkan mudah tercapai.

Adanya beberapa saran  mengantarkan pada kesimpulan bahwa terkait solusi validasi data ini ialah dibuat sistem zonasi. Artinya, data alumni dikelompokkan dalam tiga zonasi, yaitu; data dalam satu provinsi, data dalam satu wilayah seperti Jabodetabek, dan data dalam satu kabupaten. Semua menyesuaikan kondisi daerah dan jumlah sedikit dan banyaknya alumni yang ada.

Rakernas juga membahas persiapan agenda silaturahmi nasional (Silatnas) yang direncanakan terlaksana tahun 2020. Pukul 14.00 WIB seluruh rangkaian acara Rakernas telah selesai dan diakhiri dengan foto bersama. *(Top)

IKUTI OFFICIAL RESMI KAMI:

Facebook – pondok pesantren tahfidz an-nur

Instagram – @annurngrukem

Twitter – @annurngrukem

YouTube – annurngrukem

Avatar
annurngrukem
Admin website. Pengurus Pondok Pesantren An Nur. Departemen Multimedia Bidang Informasi dan Teknologi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Mengenal Ilmu Tauhid dalam Kitab Idhoatul Dujannah

www.annurngrukem.com - Tauhid secara singkatnya adalah mengesakan Allah SWT yang disebut dalam syahadatain yang kalimatnya terdiri atas dua bagian. Pertama, syahadat tauhid...

Penutupan Kegiatan dan Libur Lebaran 1442 H

www.annurngrukem.com - Rabu (27/4) Pondok Pesantren An Nur Ngrukem menggelar acara Peringatan Nuzul al-Qur’an sekaligus menutup rangkaian kegiatan Ramadan yang diikuti oleh seluruh santri...

Pengumuman Liburan Idul Fitri 1442 H

Sesuai surat edaran Pondok Pesantren An Nur dengan nomor 024/SP/PH-PPA/IV/2021 pada tanggal 28 April 2021 seluruh santri An Nur akan belajar di rumah...

Lomba Cerpen 6: SI DARYO

Lelaki 20 tahun itu terlihat meringis menahan perih saat air wudhu mengalir melewati luka-luka di beberapa bagian tubuhnya bersamaan dengan darah yang...

Recent Comments

Rini Dwi Hastuti on Pojok Santri#6 (Pelayan Surga)
Muhammad Rofiq Aulawi on Masih Manusiakah Kita?
annur ngrukem on Penarikan Santri Tahap Dua
annur ngrukem on Penarikan Santri Tahap Dua
annur ngrukem on Cinta Raisa #3
fuad Rosyid on Kegiatan Harian
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
error: Ups, tidak boleh main copy paste ya! Izin dulu sama Admin annurngrukem.com, donk..!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
👋 Hai, ada yang bisa saya bantu??