Rabu, Juli 28, 2021
No menu items!
Beranda Berita Semarak Ramadhan di PP. An Nur

Semarak Ramadhan di PP. An Nur

Ngrukem– Kamis, 25 Mei 2017 (H-2 Bulan Ramadhan) telah dibuka kegiatan Ramadhan tahun 1438 H. Pembukaan secara resmi oleh pengasuh, KH. Muslim Nawawi di aula (lantai III) Pondok Pesantren An Nur. Pembukaan tersebut diikuti oleh seluruh santri baik putra maupun putri.  Setelah jama’ah salat Maghrib, ribuan santri yang antusias menyambut bulan suci Ramadhan memenuhi aula.

Adapun tema Ramadhan kali ini adalah “Menggapai Puncak Keberkahan Ramadhan dengan Bingkai al-Qur’an”. Zulfatul Khasanah, panitia Ramadhan, menerangkan, “Bulan Ramadhan merupakan bulan ibadah dan PP. An Nur memiliki basic al-Qur’an maka kegiatan sehari-hari santri tidak luput dengan membaca Al-Qur’an, dan berharap mendapatkan keberkahan ilmu dari para dzurriyah dan keberkahan al-Qur’an”.

Berbagai rangkaian acara selama Ramadhan kali ini memiliki perbedaaan yang unik dari tahun sebelumnya. Tahun ini, panitia meluncurkan program bagi-bagi voucher belanja di kantin untuk santri yang berhasil mengkhatamkan al-Qur’an sebelum acara penutupan kegiatan. Juga ada  live streaming beberapa pengajian, seperti pengajian kitab kuning yang berlangsung pada pukul 09.00-11.00 WIB dan tadarus al-Qur’an dua juz oleh seluruh santri tahfidz bersama pengasuh setelah salat Tarawih.

Tepat pada malam 15 Ramadhan dilaksanakan takhtiman mudarrosah al-Qur’an yang dipimpin langsung pengasuh. Disamping itu, salat Tarawih juga berhasil mengkhatamkan al-Qur’an, sebab per malam salat Tarawih membaca dua juz.

Ahad, 11 Juni 2017 (malam 17 Ramadhan) dilaksanakan penutupan kegiatan Ramadhan 1438 H. Acara tersebut juga untuk memperingati Nuzulul Qur’an. Dimulai setelah salat Tarawih dan bertempat di halaman PP. An Nur. Acara ini diikuti oleh seluruh santri.

Bersamaan dalam acara tersebut, ada pula pengumuman tes peringkat tahfidz al-Qur’an. “Ramadhan kali ini, ada 17 santri putra dan 16 santri putri yang berhasil tes hafalan kategori 10 juz. Sedangkan kategori 20 juz, ada 2 santri putra dan 2 santri putri. Karena waktunya terbatas 17 hari jadi masih banyak yang belum tes, termasuk juga yang 30 juz akan tes setelah liburan”, ungkap Ust. Aziz Zaenal Arifin, selaku pengurus Divisi Tahfidz.

Rangkaian acara diakhiri tausiyah sekaligus penutupan kegiatan Ramadhan secara resmi oleh KH. Muslim Nawawi. Adapun informasi tentang waktu liburan, yakni libur Ramadhan dan Syawal berlangsung mulai 12 Juni 2017 (17 Ramadhan 1438 H) sampai dengan 08 Juli 2017 (14 Syawal 1438 H). Batas waktu santri sampai di pondok kembali pada 08 Juli 2017 yakni pukul 18.00 WIB atau waktu Maghrib. (Fatihaturrohmah)

Bahrul Amiq
Who iam i? Orang tanah sebrang yang sedang ingin menjadi orang di tanah Jogja. Hobi menjelajah alam, dan disini hanya sebagi admin dan tukang posting. Klik Icon kecil dibawah ya...!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Semangat Santri Attariq di Hari Raya Kurban

www.annurngrukem.com - Setelah adanya himbauan dari pemerintah terkait adanya kebijakan PPKM Darurat, berdampak pula dengan perayaan Idul Adha 1442 H tahun ini....

Meriah: Idul Adha Kali Ini Sembelih 28 Hewan Kurban

www.annurngrukem.com - Dalam setiap agama pasti memiliki hari di mana hari tersebut diistimewakan setiap tahunnya. Agama Islam, misalnya, terdapat dua hari raya...

Rahmatang: Peserta Tes 30 Juz Kedua

www.annurngrukem.com - Ahad (18/7), Rahmatang menjadi peserta kedua tes 30 juz bilhifdzi, setelah Humaira Nur yang telah melaksanakan tes pada bulan April...

Menggapai Takwa

www.annurngrukem.com - Perbedaan sudut pandang sering menyebabkan pertengkaran bagi manusia. Contohnya perbedaan beragama. Selain itu, adanya tingkatan kasta menyebabkan golongan-golongan yang tidak...

Recent Comments

Rini Dwi Hastuti on Pojok Santri#6 (Pelayan Surga)
Muhammad Rofiq Aulawi on Masih Manusiakah Kita?
annur ngrukem on Penarikan Santri Tahap Dua
annur ngrukem on Penarikan Santri Tahap Dua
annur ngrukem on Cinta Raisa #3
fuad Rosyid on Kegiatan Harian
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
annur ngrukem on PROFIL MA AL MA’HAD AN NUR
error: Ups, tidak boleh main copy paste ya! Izin dulu sama Admin annurngrukem.com, donk..!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
👋 Hai, ada yang bisa saya bantu??