Pojok Santri

Welcome to Samdal-ri: Drama Healing yang Relate

“Ceritanyanya datar, baru 2 episode tapi udah bikin bosen…”

“Bener-bener drama healing, bukannya fokus ke alur cerita, saya justru lebih tertarik dengan keindahan alam yang ada di lokasi shooting”

“Ceritanya ringan,tapi relate sama kehidupan asli.”

Begitulah kira-kira komentar warga X di beranda akun saya saat menanggapi drama ini. Awalnya saya tidak melirik, namun karena korban ‘fyp’ akhirnya saya memutuskan untuk menonton.

Welcome to Samdal-ri merupakan salah satu serial televisi Korea Selatan yang rilis pada awal Desember 2023 – Januari 2024. Drama dari JTBC ini mendapatkan rating yang meroket sejak episode pertama serta mencapai rating nasional rata-rata sebesar 5,2% dan 5,3% pada episode kedua. Angka ini telah mengungguli rating drama yang telah rilis sebelumnya.

Cha Young Hoon, selaku sutradara Welcome to Samdal-ri juga berhasil mendatangkan beberapa aktor ternama seperti Ji Chang Wook (sebagai Cho Yong-pil) dan Shin Hye Sun (sebagai Cho Sam-dal) sebagai pemeran utamanya. Cerita dengan genre drama romantis ini ditulis oleh Kwon Hye-joo dan dikemas dengan sedikit komedi ringan. Drakor Welcom to Samdalri berjumlah 16 episode dan berdurasi sekitar 60 menit lebih setiap episode-nya. Tidak hanya Ji Chang-wook dan Shin Hye Sun,  beberapa aktor dan aktris lainnya juga turut memberikan penampilan luar biasa yang mampu menghidupkan cerita utamanya. Mereka antara lain aktor senior Kim Mi Kyung (sebagai Ko Mi Ja), Seo Hyun Chul (sebagai Jo Pan Sik), Shin Dong Mi (sebagai Jo Jin Dal), Yu Oh Seong (sebagai Jo Sang Tae), dan Kang Mina, mantan anggota I.O.I dan Gugudan, yang akan berperan sebagai Jo Hee Dal, adik Jo Sam Dal.

Sesuai dengan judulnya, drama ini menceritakan tentang perjuangan Sam-dal dan 4 sahabatnya yang meninggalkan kampung halamannya (Samdal-ri) demi mewujudkan cita-citanya di Seoul. Cerita ini berlangsung di pulau Jeju Kore Selatan sekaligus sebagai lokasi lahir Sam-dal dan Yong Pil yang hanya berjarak 5 menit. Walaupun memiliki mimpi yang berbeda, Sam-dal dan Yong-pil selalu bersama bahkan menjadi kekasih di suatu waktu. Namun sayangnya, kisah cinta mereka ternyata belum berakhir indah sehingga harus berpisah dalam waktu yang lama.

READ  Cinta Raisa #3

Sejak awal, Samdal-ri menunjukkan kisah persahabatan yang sangat suportif, hingga mereka berlima bisa berangkat ke Seoul untuk mengundi nasib. Mereka adalah Cho Sam Dal, Cho Young Pil, Bu Sang Do, Wang Gyeong Tae, dan Cha Eun U. Berbagai macam pekerjaan dan aktivitas telah mereka lakukan sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing. Namun, yang mampu bertahan paling lama di Seoul hanyalah Cho Sam-dal. Ia berhasil mewujudkan mimpinya menjadi seorang fotografer fashion sukses menggunakan nama Cho Eun-hye. Hingga pada suatu saat Cho Sam-dal harus pulang ke kampung halamannya akibat skandal yang dibuat oleh asistennya sendiri.

Alasan inilah yang memaksa Sam-dal untuk pulang ke kampung halaman sejak bertahun-tahun meniti karir di Seoul. Walaupun sedang terpuruk, Sam-dal masih mendapatkan dukungan penuh dari banyak pihak seperti keluarga, warga desa, serta teman-teman lama termasuk mantan kekasihnya yaitu Cho Yong-pil. Sam-dal yang semula enggan pulang ke kampung halaman akhirnya menemukan kenyamanannya sendiri.

Secara keseluruhan, bagi saya Welcome to Samdal-ri merupakan drakor yang sangat menyegarkan di awal tahun 2024. Dengan suguhan visual Jeju yang cantik dan mempesona, drama ini terasa lebih santai daripada drama lainnya. Sebagian orang merasa sangat terhibur, sebab drama ini bisa membawa para penonton untuk turut merasakan keindahan pulau Jeju secara tidak langsung. Selain itu, soundtrack pertama dalam drama ini diisi oleh suara merdu DK Seventeen dengan judul Short Hair yang menambah daya tarik tersendiri terutama Carat. DK berhasil menghadirkan nuansa lembut melalui suaranya dengan iringan musik yang tenang dan menyenangkan.

Walaupun terasa klise, kisah yang diangkat dalam drama Welcome to Samdalri itu sendiri tergolong ringan namun sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Seperti budaya gotong royong, berbagi makanan, bahkan gosip. Semua terasa sangat relate dengan kehidupan nyata. Seperti adegan Sam-dal yang tiba-tiba pulang ke kampung halamannya kemudian mendapat banyak sekali pertanyaan atau menjadi bahan omongan warga desa mengenai alasan kepulangannya.

READ  Pojok Santri#10 (Menggapai Takwa)

Walaupun demikian, orang tua dan seluruh warga desa Samdal-ri tetap memberikan cinta dan dukungan besar kepada Sam-dal dimanapun ia berada. Cerita seperti inilah yang memberikan getaran hangat bagi para penonton serta menjadi keunggulan dari drama Welcome to Samdal-ri.

Film jenis ini biasanya fokus pada nilai-nilai moral, optimis, dan umumnya memiliki pesan positif. Beberapa pesan penting yang saya ambil dalam drama ini antara lain yaitu mengenai pentingnya menjaga kerukunan dalam keluarga, berjuang penuh dalam mewujudkan mimpi, belajar tegar dalam kondisi apa pun, serta ikhlas untuk bisa menerima takdir.

Menariknya lagi, drama Welcome to Samdalri juga pandai dalam mengeksplorasi tema cinta dengan komedi keluarga yang membuat para penonton betah hingga tamat 16 episode. Akting Ji Chang Wook sebagai Cho Yong-pil sangat ramai dibicarakan di kalangan wanita dan disebut-sebut sebagai cowok greenflag, sebab ia menjadi penolong warga Jeju sekaligus sosok yang selalu melindungi Sam-dal. “Lelaki seperti Yon-pil inilah yang dibutuhkan setiap perempuan di dunia ini,” celetuk teman saya.

Nah, bagi kalian (pecinta drakor maupun bukan) yang belum menonton drama Welcome to Samdal-ri saya sangat merekomendasikan drama ini untuk ditonton. Sebab drama ini mampu memberikan pesan edukasi yang tinggi terutama bagi kalian yang sedang mengejar cita maupun cinta.

“Memiliki tempat untuk pulang ialah sebuah kelegaan yang luar biasa.” Begitu salah satu pesan yang paling indah dalam drama ini. Selamat menonton!

 

 

 

Azzah Atiqoh

Santri An Nur Komplek Hafiyya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
Hai, ada yang bisa saya bantu??