Berita

Wisuda Purna Siswa Angkatan Ke-26 MTs An Nur

www.annurngrukem.com – Madrasah Tsanawiyah (MTs) An Nur Ngrukem Pendowoharjo Sewon Bantul melangsungkan acara Wisuda Purna Siswa Angkatan Ke-26. Acara ini dilaksanakan setelah beberapa hari para santri kembali ke pondok. Acara diselenggarakan pada Rabu (25/5) pukul 8.30 WIB.

Adapun tempat pelaksanaan acara tersebut berada di halaman Institut Ilmu al-Qur’an (IIQ) An Nur. Diawali dengan alunan shalawat dari grup hadroh Pondok Pesantren An Nur sebelum memasuki acara secara resmi. Setelah memainkan beberapa lagu, mereka turun dari panggung. Dan acara segera dimulai.

Acara dibuka oleh dua pembawa acara dari siswi MTs An Nur. Acara ini juga disiarkan secara langsung di YouTube milik MTs An Nur agar para orang tua atau wali siswa yang berada di rumah dapat mengikuti acara.

Rangkaian acara meliputi: pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan “Ya Lal Wathon”, sambutan, prosesi wisuda secara simbolik, meyanyikan lagu “Hymne Guru” dan “Terima Kasih Guruku”, kalam nasihat untuk para wisudawan, penyerahan penghargaan, pembacaan doa, menyanyikan lagu “Mars Madrasah”, foto bersama, pengumuman, dan penutup.

Pembacaan ayat Al-Qur’an dibawakan oleh Ahmad Khoirul Munada, salah satu alumni MTs An Nur. Ayat yang dibacakan adalah surah al-Mujadalah ayat 11. Selanjutnya menyanyikan lagu kebangsaan yang dipandu oleh dirigen, yang juga siswi MTs An Nur.

Lalu, acara beralih ke sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh perwakilan siswa kelas IX yang dibawakan oleh Faqih Faizal Tamim Nur. Mewakili angkatannya, ia menyampaikan terima kasih atas jasa dan pengorbanan dengan sabar para guru selama 3 tahun mendidik.

Sambutan kedua disampaikan oleh kepala MTs An Nur, Abdul Kirom, S. Th.I., M. Hum. Dalam sambutannya, beliau mengingatkan kepada para wisudawan bahwa di luar sana tugas berat telah menanti.

READ  Pentingnya Menjaga dan Mengamalkan Sunnah Nabi Meski Kecil

“Kalian dituntut untuk memiliki kecerdasan sosial, kecerdasan teknologi, serta kecedasan ilmu pengetahuan sebagai bekal masa depan kalian semua. Kalian harus memiliki filter untuk mengambil yang baik, dan menyingkirkan yang tidak baik. Pegang teguh etika dan akhlak kalian.” pesannya.

Di samping itu, beliau juga menyampaikan enam rukun purna siswa MTs An Nur, yakni: jagalah semangat ta’lim lanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, jadilah anak yang berbakti kepada orang tua, hormatilah guru-guru sampai kapanpun jadi apapun beliau tetap gurumu, selalu menjaga nama baik almamater tercinta ini, jadilah anak yang berakhlak dan berguna bagi masyarakat, agama, nusa dan bangsa, terakhir tetap dalam manhaj ahlu sunnah wal jama’ah an nahdliyah.

Sambutan ketiga oleh perwakilan orang tua atau wali siswa, Mulyadi, S. Ag. Beliau mengambil momentum bulan Syawal ini untuk meminta maaf kepada para guru selama tiga tahun silam anak-anak pasti banyak salah. Selain itu, beliau juga menyampaikan terima kasih karena telah mendidik para siswa.

Sambutan berikutnya sekaligus kalam nasihat oleh KH Yasin Nawawi. Menurut beliau, tidak pas jika dikatakan belajar di An Nur 3 tahun itu sudah lama. Pendidikan harus terus diutamakan, selamanya, bagaimana bisa terus menuntut ilmu agar menjadi orang-orang yang sempurna, di mata masyarakat, lebih-lebih di mata Allah.

Beliau mengingatkan, “Setinggi apapun ilmunya, namun kalau tidak barokah maka buat apa? Justru ilmu yang tinggi tapi tidak bermanfaat dan barokah itu justru bisa mencelakakan kita. Lantas apa syaratnya agar barokah? Yaitu ikhtiar baik dan bagus. Artinya tertib, gigih, dan masih banyak poin-poin di sekitarnya.”

Seandainya hasil akhirnya sedikit setelah diikhtiari seperti tadi, justru akhirnya bermanfaat. Banyak contoh nyata, santri mencari ilmu tinggi tapi ketika di rumah tidak bermanfaat di masyarakat. Sebaliknya, santri yang biasa saja, ilmu tidak tinggi-tinggi amat, tapi ikhtiarnya baik justru menjadi orang yang bermanfaat di masyarakat. Itulah ilmu yang barokah dan bermanfaat.

READ  Hari Santri Nasional 2021: 5 Hal Yang Harus Dimiliki Santri

Acara selanjutnya, prosesi wisuda secara simbolik. Sesi ini, hanya beberapa siswa dipanggil untuk mewakili seluruh angkatan. Wisudawan putra diserahkan oleh KH Mu’thi Nawawi dengan penyematan samir dan foto bersama. Sedangkan wisudawan putri penyerahan Samir oleh Ny Hj Umi Azizah Nawawi. Ada tiga wisudawan putra dan empat wisudawan putri menaiki panggung.

Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Hymne Guru” dan “Terima Kasih Guruku”. Seluruh wisudawan berdiri di tempat. Usai menyanyikan lagu, ada penyerahan penghargaan wisudawan berprestasi.

Penghargaan pertama dalam bidang Tahfidzul Qur’an diraih oleh Luluk Abdina dengan capaian 18 juz yang diserahkan Ny Hj Lilik Nur Kholida, Hikmatul Izzati mencapai 18 juz yang diserahkan oleh Ny Hj Umi Azizah Nawawi, Inayatul Ulya berhasil menyelesaikan 17 juz yang diserahkan oleh Ny Hj Farhah.

Penghargaan kedua bidang Ujian Kepesantrenan: Izzatul Lathifah Nur Aini dengan nilai 96,83 yang diserahkan oleh Ny Hj Binti Nafi’ah, Azizah Salma Haisara nilai 94,33 yang diserahkan oleh Ny Hj Thoyyibatussariroh, Muhammad Rahmatudduha nilai 93,67 yang diserahkan oleh KH Nur Hadi.

Berikutnya, penghargaan Ujian Akhir Madrasah: Izzatul Lathifah Nur Aini nilai 826,9 yang diserakan oleh Ny Hj Lualik Muthi’ah. Luklukatuddiniyah nilai 771,6 yang diserahkan oleh Ny Hj Umi Azizah Nawawi. Muhammad Murabbionesti Arsyad nilai 765,6 yang diserahkan oleh KH Mu’thi Nawawi.

Terakhir, penghargaan Ranking 1 tiap kelas: Muhammad Faza al-Muttaqin nilai 91, 9 , Muhammad Haidar Labib al-Farabi nilai 88,71, Muhammad Robi Baihaqi nilai 90,09, Izzatul Lathifah Nur Aini nilai 90,74, Dafina Durrotunnisa nilai 89,40, Rifka Nadita az-Zahra nilai 90,47, Luklukatuddiniyah nilai 90,63. Penghargaan diserakan oleh Abdul Kirom, S. Th.I., M. Hum.

Acara diakhiri dengan doa yang dipimpin KH ‘Ashim Nawawi. Lalu ditutup dengan menyanyikan “Mars Madrasah” oleh para wisudawan. Acara diakhiri dengan foto bersama. Acara selesai sebelum azan Zuhur berkumandang. Para siswa kembali ke pondok untuk kembali mengaji.

READ  177 Siswa MA Al Ma'had An Nur Siap Ikuti UN

annurngrukem

Admin website. Pengurus Pondok Pesantren An Nur. Departemen Multimedia Bidang Informasi dan Teknologi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
Hai, ada yang bisa saya bantu??