Kategori
Berita

Lomba di Komplek Nurul Huda dan Maghfiroh Berlangsung Meriah dan Unik

www.annurngrukem.com – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pondok Pesantren An Nur Komplek Nurul Huda dan Maghfiroh mengadakan beberapa rangkaian acara.

Acara peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Pondok Pesantren An Nur komplek Nurul Huda dan Maghfiroh diawali dengan berbagai macam perlombaan. Panitia perlombaan kali ini diambil alih oleh rekan-rekan mahasiswa IIQ An Nur Yogyakarta yang sedang melaksanakan PPL-KKN di Komplek Nurul Huda dan Al-Maghfiroh. Acara perlombaan dimulai sejak tanggal 10 hingga 17 Agustus 2021 dan terdiri dari beberapa cabang perlombaan.

Di Komplek Nurul Huda terdapat tiga cabang lomba, antara lain Lomba Makan Kerupuk, Lomba Futsal, Lomba K3I (Kebersihan Kerapihan Kamar dan Interior). Sedangkan di Komplek Maghfiroh mengadakan enam cabang lomba, di antaranya Lomba Kebersihan Kamar, MHQ, Rangking Satu, Pensi, Tari, dan Make Up tutup mata. Peserta dari setiap lomba merupakan perwakilan dari setiap kamar, selain itu terdapat juga lomba yang bersifat individu.

Perlombaan tersebut diadakan di luar waktu kegiatan pondok. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu kegiatan mengaji maupun KBM di pondok. Mengingat durasi perlombaan yang panjang sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan hanya dalam satu waktu.

Dari sekian banyak perlombaan tersebut diharapkan para santri komplek Nurul Huda dan al-Maghfiroh dapat menumbuhkan rasa cinta kepada Tanah Air, mengasah kemampuan dan kreativitas santri”, tutur Faqih Aminullah (Ketua KKN-PPL IIQ An Nur).

Perlombaan yang diadakan oleh panitia sangat diminati oleh para santri. Hal ini dibuktikan dengan antusias para santri terhadap perlombaan yang diadakan. Mengingat dawuh dari bapak KH Yasin Nawawi bahwa sebagai seorang santri, tetap harus mengamalkan “Hubbul Wathan Minal Iman” yang artinya mencintai bangsa dan negara adalah sebagian dari iman. Maka sebagai santri harus senantiasa bahagia dengan hari besar Negara Indonesia.

Sesuai dengan rencana yang telah tersusun, pengumuman perlombaan dalam rangka meyambut peringatan hari kemerdekaan ini akan diumumkan oleh panitia pada puncak peringatan  Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, yakni pada tanggal 17 Agustus 2021.

Selasa, 17 Agustus 2021 adalah hari yang sangat besejarah bagi kita semua warga Indonesia, di mana pada hari tersebut bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-76 tahun. Pondok Pesantren An Nur, Komplek Nurul Huda mengadakan upacara di komplek yang diikuti oleh santri pelajar MTs, MA, mahasiswa dan takhasus. Sementara komplek Maghfiroh hanya menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dan berdoa bersama.

Upacara bendera dilaksanakan Pukul 08.00 s/d selesai. Upacara bendera berjalan dengan baik dan khidmad. Pembina upacara, kang Zainal Khanani (Lurah Komplek Nurul Huda) menyampaikan sebuah kutipan KH Nawawi Abdul Aziz bahwa “Santri Iku Kudu Ngaji, Yen Ora Ngaji Mulang”. Penyampaian amanah tersebut bertujuan untuk mengingatkan kepada para santri agar terus menuntut ilmu tanpa henti.

Selepas upacara bendera dilanjutkan dengan pembacaan Surah Yasiin dan Tahlil. Hal ini bertujuan untuk mendoakan dan mengenang jasa para pejuang yang telah gugur di medan perang demi membela Tanah Air Indonesia. Acara ditutup dengan pembagian hadiah perlombaan oleh rekan-rekan PPL-KKN IIQ An Nur Yogyakarta selaku panitia lomba.

Demikian rangkaian kegiatan untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia di Pondok Pesantren An Nur Komplek Nurul Huda dan komplek Maghfiroh.

Meski dalam musim pandemi, seluruh rangkaian acara dapat berjalan dengan lancar dan baik tanpa ada halangan suatu apapun. Senyum manis seluruh santri turut merekah bersama dengan diteriakkannya jargon HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, “Indonesia Tumbuh, Indonesia Tangguh”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *