Berita

Penutupan Akhir Tahun Pondok Pesantren An Nur

Bantul, 14 Desember 2023, Pondok Pesantren An Nur komplek Putra Pusat menggelar acara penutupan kegiatan akhir tahun sebagai rangkuman dari satu semester pembelajaran. Acara berlangsung di Aula lantai 3 yang diikuti oleh seluruh santri putra pusat. 

Sebelum memasuki masa liburan akhir semester gasal tahun 2023, Pondok Pesantren An Nur mengumumkan bahwa libur dimulai pada Jum’at, 15 Desember 2023, pukul 08.00 WIB, dan berakhir pada Selasa, 26 Desember 2023, pukul 17.00 WIB.

Acara dimulai dengan membaca istighfar, surat Al-Fatihah, dan pembacaan Maulid Al-Barzanji. Ustadz Muhammad Arwani S.Pd.I., selaku lurah pondok pesantren An Nur komplek putra, memimpin kegiatan ini dengan penuh kekhidmatan. 

Saat membawakan  Shalawat Alamate Anak Sholeh, ia berpesan kepada teman-teman santri sebagaimana dalam lirik yang dibawakannya yakni, “Kapindo, mulyaaken ing wong tuane.” Ia berpesan saat pulang liburan besok diharapkan santri-santri menghormati dan memuliakan orangtuanya di rumah agar semua santri menjadi anak yang sholeh. 

Setelah pembacaan Maulid Al Barzanji selesai, Bapak Pengasuh K.H. Muslim Nawawi memberikan pengarahan kepada seluruh santri.

Dalam pengarahannya, Bapak K.H. Muslim Nawawi merenungkan cepatnya waktu berlalu, dari detik ke menit, menit ke jam, hingga hari berganti bulan. Ia menyampaikan bahwa santri baru sudah menempuh 6 bulan di pesantren, dan dengan jadwal liburan, mereka yang ingin pulang diperbolehkan melakukannya. Namun, ia menegaskan bahwa meskipun pulang, status kesantriannya tetap harus dijaga.

“Meskipun pulang, tetapi kalian statusnya tetap santri, predikatnya santri. Di mana saja, dan kapan saja, tetap santri. ما زلت طالبا Untuk itu, jaga predikat kesantriannya. Bukan pulang di rumah sebebas-bebasnya,” tegas Bapak K.H. Muslim Nawawi.

Pengasuh juga memberikan pesan penting kepada santri untuk tetap melibatkan diri dalam kegiatan keagamaan, terutama mengaji di rumah. “Kalo di rumah, meski libur, ngajinya tidak libur. Termasuk jamaah. Koyo biasane ning pondok,” tambah beliau. 

READ  Madin Al-Furqon Gelar Haflah Attasyakur dan Akhirusanah ke 4

Beliau juga mendorong adik-adik santri untuk memberikan waktu bagi keluarga, berbakti kepada orang tua, dan menjaga semangat belajar.

Sebelum liburan dimulai, Bapak K.H. Muslim Nawawi menekankan agar santri membawa pulang barang-barang pribadi yang tidak dipakai, termasuk baju kotor, untuk menjaga kebersihan dan menghindari sarang nyamuk. Ketika kembali ke pondok, santri diminta untuk meminimalisir sampah dengan tidak menggunakan kresek, melainkan kardus.

Pengasuh mengakhiri arahannya dengan doa agar liburan menjadi waktu yang menyenangkan dan beliau menitipkan salam kepada orang tua santri yang berada di rumah. Setelah arahan dari pengasuh, acara dilanjutkan dengan pengumuman-pengumuman dari pengurus Pondok Pesantren An Nur, memberikan petunjuk dan informasi penting terkait kegiatan dan persiapan setelah liburan. 

Ustadz Muhammad Arwani menyampaikan bahwa sebelum perpulangan diharapkan seluruh santri melunasi tanggungan administrasi pondok. Mulai dari denda-denda, syariah, dan juga administrasi organisasi daerah yang menunggak. Selain itu ia juga menyampaikan bahwa besok sebelum pulang seluruh santri putra diwajibkan mengikuti ziarah di makam al-maghfurlah Simbah K.H. Nawawi Abdul Aziz yang akan dipimpin oleh K.H. Ashim Nawawi setelah jamaah shalat Subuh. 

Semua rangkaian acara ini membentuk momen berharga bagi seluruh santri untuk merayakan akhir tahun dengan penuh makna dan bersiap-siap menghadapi tantangan baru di semester mendatang.

___________________________________________________________________________________________________________________

Penulis: Nuha

annurngrukem

Admin website. Pengurus Pondok Pesantren An Nur. Departemen Multimedia Bidang Informasi dan Teknologi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
Hai, ada yang bisa saya bantu??