Esai

Menjelang Ramadhan: Siapkan Lima Poin Penting Ini

www.annurngrukem.com – Tak terasa, bulan Syakban sudah semakin pendek umurnya. Dan Ramadhan kian dekat. Di masjid-masjid mulai dipasang banner bertuliskan “Marhaban ya, Ramadhan”. Dan Orang-orang mulai banyak yang membuat status permintaan maaf dalam rangka menyambut Ramadhan.

Banyak hal spesial dan unik yang akan kita temui, bukan  hanya dari bangun pagi untuk sahur, memburu  takjil, sampai ngabuburit hingga kita juga akan berjumpa dengan malam Lailatul Qadr. Malam yang super istimewa karena satu malamnya saja beribadah, pahalanya sama dengan seribu bulan.

Mubazir namanya jika kita buang-buang kesempatan bulan penuh rahmat itu. Untuk itu banyak hal yang harus kita persiapkan untuk menyambut bulan suci ini. Dan berikut ini adalan lima poin penting untuk menyambut Ramadhan 2022.

Pertama, menjaga kesehatan.

Pada dasarnya puasa sendiri itu menyehatkan. Namun jangan sampai kita down sebelum puasa. Badan sehat dan bugar jelas selalu menjadi garda terdepan. Apalagi untuk ibadah wajib puasa Ramadhan yang penuh satu bulan ini. Jangan sampai, nih, banyak waktu yang tersita karena sakit. Apalagi puasa Ramadhan itu wajib bagi muslim, seperti hutang, puasa wajib dibayar jika batal.

Berbagai upaya yang dapat kita lakukan untuk tetap sehat menyambut ramadhan, antara lain mulai mencoba berbagai olahraga ringan dan menjalani pola hidup sehat, seperti memperbanyak minum air putih dan tidur yang cukup. Setelah nanti menjalani puasa, kita juga harus tetap mengusahakan sahur dan menyegerakan berbuka, sehingga tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Kedua, latihan berpuasa.

Puasa adalah ibadah fisik yang cukup berat karena kita harus menahan lapar dan haus dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Nah jangan sampai di Ramadhan nanti karena gak kuat, kamu mokel atau batalin puasa di tengah jalan. Apalagi, kita berpuasa tapi kita juga harus bekerja.

READ  Kata Siapa Kita Sudah Merdeka?

Nah saran saya, agar tidak kaget puasa, kamu bisa latihan puasa dulu. Supaya saat menjalani puasa nanti perut sama pikiran nggak cek-cok pada kruyuuk kruyuuk. So, kalian bisa mencoba berbagai macam puasa sunah sebelum memasuki puasa wajib Ramadhan, seperti puasa Senin & Kamis, atau berpuasa di bulan Syakban yang tinggal beberapa hari lagi pergi.

Ketiga, memperbanyak amalan sunah.

Berkah Ramadhan tidak lepas dari pahala yang akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Sunah-sunah Rasul SAW jangan sampai ketinggalan. Amalan yang dianjurkan pada bulan ini banyak macamnya. Ambil amaliah kecil yang tidak memberatkan diri.

Dari membaca Al-Quran yang menjadi amalan paling afdal, tarawih, sampai i’tikaf di masjid, dan doa yang menjadi mahkotanya. Nah sebelum bulan Ramadhan kita juga hendaknya membiasakan diri untuk mulai memperbanyak amalan sebelum bulan Ramadhan. Agar nanti saat bulan Ramadhan tiba, kita sudah terbiasa dengan amalan yang akan kita jalankan.

Keempat, mempersiapkan sedekah.

Rasulullah selalu mengajarkan kita untuk bersedekah, khususnya dalam bulan Ramadhan. Memberi makan untuk orang yang sedang berpuasa, dapat menghapuskan dosa-dosa kita dan membebaskan diri dari api neraka. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: ” Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“. (H.R. At-Tirmidzi). Tak hanya itu, kita juga mendapatkan pahala orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi miliknya sedikitpun.

Nah, kita perlu mempersiapkannya dari sekarang. Mempersiapkan hati dan materi. Jangan sampai kita berpikiran bahwa bersedekah itu membuat kita menjadi miskin. Kita juga harus senantiasa ingat kalau semua hal didunia ini hanya milik Allah. Harta yang kita ikhlaskan untuk sedekah akan diganti berlipat-lipat oleh-Nya dengan pahala yang tak ternilai harganya.

READ  Meraih Berkah Ramadhan ala Santri

Terakhir,  Tentukan Targetmu!

Apa targetmu Ramadhan tahun ini? Tarawih mode full? Khatam mudarosah 30 juz?

Semuanya harus mulai  direncanakan dari sekarang. Jangan ditunda lagi. semua harus segera dipersiapkan masak-masak, agar nanti kita bisa melahapnya saat Ramadhan.

Planning atau perencanaan adalah salah satu bentuk ikhtiar kita dalam membangun semangat. Jangan sampai kita hanya sibuk sama gadget seharian sambil rebahan. Tiba-tiba, Ramadhan sudah lewat dan kita gak dapat apa-apa. Rugi banget dong. Maka dari itu, buat jadwalnya sekarang!

Nah, itulah lima poin penting yang patut kita lakukan untuk mempersiapkan diri menyambut Ramadhan, bulan agung yang melimpah berkahnya. Ayo kita semangat dalam berlomba-lomba mencari ridha dalam kebaikan di bulan Ramadhan.

Jadi, sudah siapkah kamu, menyambut Ramadhan?

_____________________

Penulis: Elfrida Kusuma Wardani, Siswi kelas XI Agama

annurngrukem

Admin website. Pengurus Pondok Pesantren An Nur. Departemen Multimedia Bidang Informasi dan Teknologi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
Hai, ada yang bisa saya bantu??