Pojok Santri

17 Istilah Pesantren yang Santri Baru Harus Tahu!

Kalian memutuskan untuk mondok? Selamat! Kalian telah memutuskan memilih jalan yang tepat. Dalam dunia Pesantren, Orang yang menuntut ilmu atau mengabdi kepada kyai disebut “Santri”. Di Pondok Pesantren nanti anda akan belajar banyak hal; bukan hanya ilmu agama, tetapi juga ilmu keseharian, ilmu bersosialisasi, ilmu adab, dan ilmu-ilmu lainnya.

Ketika memulai perjalanan di pesantren, para santri baru akan menemui sejumlah istilah yang khas dalam lingkungan pesantren. Istilah-istilah ini memiliki makna dan nilai-nilai penting dalam pengalaman belajar dan kehidupan sehari-hari di pesantren. Sebagai langkah awal, santri baru perlu mengenal 17 istilah pesantren yang akan membantu mereka beradaptasi dan memahami budaya pesantren dengan lebih baik.

Nah, apa saja sih istilah-istilah yang sering muncul di Pondok Pesantren?

#1. Muroja’ah

Bagi kalian para penghafal Qur’an atau kitab pasti tahu apa itu muroja’ah. Muroja’ah adalah menulang hafalan agar melekat dalam diri kita. Nah, selain menambah hafalan, jangan lupa mengulangnya ya!

#2. Ngelouh

Bagi Santri Pondok Qur’an, pasti tidak asing dengan istilah Ngelouh. Ngelouh adalah membuat atau menambah hafalan baru.

#3. Sorogan

Sistem belajar mengajar dimana santri membaca lalu di simak oleh kyai umumnya istilah ini dipakai untuk setoran ngaji kitab.

#4. Lalaran

Lalaran adalah kegiatan membaca syair atau nadhom dalam sebuah kitab secara Bersama sama, umumnya dilagukan. Lalaran cukup sering dilakukan oleh para santri, terkhususnya santri salaf.

#5. Bandongan

Sistem belajar dimana kyai membaca dan disimak oleh seluruh santri.

#6. Ro’an:

Ialah kegiatan bersih-bersih yang dilakukan santri. Biasanya dilakukan hari jum’at.

#7. Jam’iyyah

Adalah acara sholawatan bersama yang diawali dengan pembacaan ad-diba’, Albarzanji/Maulid simtudduror, disambung sholawat dan ditutup dengan Do’a. biasanya Jam’iyyah dilaksanakan setiap malam jum’at.

READ  Transportasi dan Peran Teknologi

#8. Rihlah

Yaitu perjalanan wisata religi oleh para siswa sebagai bentuk rekreasi akhir tahun.

#9. Sambangan

Pasti kalian akan menyukai ini. Sambangan adalah penjengukan wali santri kepada santri, yeyy! Oh, ya. Bagi yang tidak disambang, jangan berkecil hati, masih ada makanan dari yang di sambang. Jangan lupa berbagi, ya!

#10. Madin

Singkatan dari madrasah diniyah.  Merupakan salah satu Madrasah/ sekolah nonformal yang nyaris selalu ada di setiap Pondok. Biasanya diadakan siang hari atau malam selepas Isya’. Materi yang dipelajari berupa tata bahasa arab (Nahwu-Shorof) dan kitab kitab kuning lainnya.

#11. Ndalem

Yaitu Rumah/tempat tinggal Pak Kyai dan Bu Nyai. Biasanya di setiap ndalem terdapat mbak Ndalem dan Kang Ndalem yang mengabdi untuk melayani kebutuhan Pak Kyai dan Bu Nyai.

#12. Tirakat

Tirakat adalah sebuah usaha yang ditempuh santri untuk meraih kesuksesan atau untuk mendapat hasil yang lebih baik. Banyak macam tirakat, seperti: puasa daud, ngrowot, mutih, puasa Senin Kamis. Tirakatnya tidak harus yang aneh-aneh. Belajar saja sudah cukup disebut tirakat. Itu saja sudah berat.

#13. Boyong

Adalah istilah di pesantren bagi santri yang keluar dari pondok lantaran sudah sudah mencukupkan diri tholabul ilmi di Pondok Pesantren. Biasanya santri yang memang merasa sudah waktunya mengamalkan ilmunya dikampng haman. Namun adakala santri yang boyong karena tidak betah mondok

#14. Santri kalong

Santri yang tidak ikut menginap di asrama. Biasanya santri kalong adalah santri yang tidak menginap tetapi ikut kegiatan pondok.

#15. Syariqoh

Istilah perbuatan santri yang melanggar aturan Pondok Pesantren, yaitu  mencuri, umumnya berupa uang.

#16. Ghosob

Meminjam atau mengambil barang orang lain dengan terang terangan tanpa seizin orang tersebut. Please, istilah ini jangan dilakukan. Nanti kena takzir!

READ  Welcome to Samdal-ri: Drama Healing yang Relate

#17. Takziran

Sanksi terhadap santri yang melanggar peraturan Pondok Pesantren. Jika ada  santri yang melanggar peraturan salah satunya  berupa pacaran,bagi laki laki akan di gundul dan disiram air comberan.

Nah, itu tadi, beberapa istilah yang ada di pondok pesantren. Gimana? Menarik bukan? Semoga bermanfaat dan Selamat Nyantri!

 

Ditulis oleh:  Hanif, Faiz, Junita, Shabrina, dan Gadis

annurngrukem

Admin website. Pengurus Pondok Pesantren An Nur. Departemen Multimedia Bidang Informasi dan Teknologi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelayanan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!
Hai, ada yang bisa saya bantu??